SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN DAERAH PENJUALAN PRODUK MAMYPOKO MENGGUNAKAN FUZZY C-MEANS DI MALANG

Main Authors: Yovresa, Mochammad Tirta, Istiadi, Istiadi, Marisa, Fitri, Nurdiansyah, Firman
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Widyagama Malang , 2019
Subjects:
Online Access: http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/1121
http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/1121/924
Daftar Isi:
  • Tim marketing mamypoko tersebar di beberapa kota di indonesia. Salah satunya adalah kota malang yang memiliki beberapa kecamatan. Dalam pemasarannya terdapat beberapa daerah yang penjualan produk mamypoko nya rendah . Oleh sebab itu Untuk mengatasi kendala penjualan produk mamypoko diperlukan data-data penjualan yang spesifik pada daerah - daerah tertentu yang memiliki masalah tersebut. Maka diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan untuk mengetahui daerah penjualan di malang raya yang memiliki kriteria penjualan mamypoko standard, mamypoko extra dry dan mamypoko extra soft. Metode Fuzzy C-Means adalah salah satu teknik pengclusteran data yang mana keberadaan tiap-tiap titik data dalam suatu cluster ditentukan oleh derajat keanggotaan. Analogi sederhana dalam menyelesaikan masalah dengan metode Fuzzy C-Means adalah mengetahui daerah yang akan dilakukan promosi atau sosialisasi produk mamypoko untuk meningkatkan penjualan dan mengetahui jumlah pasar di malang raya. Dengan data yang sudah dikelompokan menggunakan metode Fuzzy C-means diharapkan dapat mempermudah tim marketing mamypoko dalam menghitung hasil penjualan ditiap daerahnya agar mengetahui daerah mana yang menghasilkan penjualan terbanyak, sedang dan sedikit.