IMPLEMENTASI DAN KOMPARASI ALGORITMA FUZZY C-MEANS DAN K-MEANS UNTUK MENGELOMPOKKAN SISWA BERDASARKAN NILAI AKADEMIK DAN PERILAKU SISWA (DATA SURVEY)

Main Authors: Artanto, Hadian, Istiadi, Istiadi, Marisa, Fitri, Purnomo, Dwi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Widyagama Malang , 2019
Subjects:
Online Access: http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/1118
http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/1118/921
Daftar Isi:
  • Di dunia pendidikan seringkali nilai akademik selalu dijadikan acuan apakah sudah berhasil atau tidak dalam proses menyelenggarakan pembelajaran dan bimbingan. Akan tetapi prestasi yang diperoleh oleh siswa dipengaruhi oleh banyak faktor seperti tingkat kedisiplinan. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengelompokkan siswa tidak hanya berdasarkan nilai akademik saja tetapi juga perilaku siswa sehari-hari dengan menggunakan algoritma K-Means dan Fuzzy C-Means (FCM). Penelitian ini menghasilkan rata-rata tingkat akurasi dari proses perhitungan algoritma K-Means mencapai 91% dan membutuhkan waktu 4.4105 detik. Sedangkan rata-rata tingkat akurasi dari proses perhitungan algoritma Fuzzy C-Means mencapai 68% dan membutuhkan waktu 5.5416 detik.