MEURUKÔN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASYARAKAT ACEH

Main Author: Nurhayati, Nurhayati
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of State Islamic Institute of Lhokseumawe , 2018
Online Access: http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/205
http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/205/145
Daftar Isi:
  • MEURUKÔN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASYARAKAT ACEH   Oleh Dr. Nurhayati, MA. Muhammad Iqbal, M.Pd.   Abstrak Meurukôn tidak begitu dikenal lagi Aceh. Meurukôn sudah tinggalkan masyarakat Aceh karena eksistensinya tidak memiliki daya tarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan meurukôn sebagai media pembelajaran pendidikan agama Islam pada masyarakat Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan berjenis etnografi. Sumber data terdiri dari penyair, tokoh masyarakat, dan pakar atau ilmuan yang mengetahui dan memahami tradisi lisan meurukôn. Penentuan sumber data menggunakan sistem purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan meliputi teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis domain (domain analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meurukôn sebagai media pembelajaran pendidikan agama Islam pada masyarakat Aceh terdapat pendidikan (1) pendidikan aqidah (tauhid), (2) pendidikan fiqih, dan (3) pendidikan akhlak. Meurukôn mampu menyalurkan pesan/materi agama Islam. Meurukôn sebagai seni yang bertauhid dan bersyariat dan mudah dipahami. Di samping itu, meurukôn menjadi tontonan hiburan dan berseni. Bagian lain dari syair meurukôn mengandung ajakan atau seruan, pesan dan sindiran kepada masyarakat. Hal ini disebabkan adanya modifikasi dari sumber yang membawakannya.   Kata Kunci : Meurukôn, Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam