PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA SMP NEGERI LHOKSEUMAWE MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK

Main Author: Lisa, Lisa
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of State Islamic Institute of Lhokseumawe , 2018
Online Access: http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/174
http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/174/156
Daftar Isi:
  • Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran matematika realistik lebih baik daripada pembelajaran biasa dan interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik. Populasi  dalam penelitian ini adalah siswa kleas VII SMP Negeri Lhokseumawe dengan sampel adalah SMP Negeri 6 dan SMP Negeri 8 Lhokseumawe berjumlah 105 siswa. Instrumen penelitian dengan menggunakan tes kemampuan awal matematika (KAM) dan tes kemampuan berpikir kritis matematik. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dan ANOVA dua jalur. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian peningkatan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan pendidikan matematika realistik lebih baik daripada pembelajaran biasa dan tidak terdapat  interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematik siswa ke arah yang lebih baik adalah pendekatan matematika realistik.   Kata Kunci : Berpikir kritis dan Pendekatan Matematika Realistik Abstrack The purpose of this study was to determine the increase in critical thinking skills among students who are learning using realistic mathematical learning is better than ordinary learning and interaction between teaching approaches and early math skills to increase mathematical skills of critical thinking. The population in this study is kleas VII Junior High School students with a sample Lhokseumawe is 6 and SMP SMP Negeri 8 Lhokseumawe numbered 105 students. Instrument research using early math skills test (KAM) and the critical thinking skills math test. Analysis of the data used is the t-test and ANOVA two lanes. Based on the analysis of the obtained results improved critical thinking skills among students who are learning using realistic mathematics education is better than ordinary learning and there is no interaction between teaching approaches and early math skills to increase critical thinking skills. One approach that can affect the learning of critical thinking skills math students toward better mathematical approach is realistic   Keywords: Critical Thinking and Realistic Mathematics Education