DAMPAK PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP NEGERI 6 LHOKSEUMAWE
Main Author: | Lisa, Lisa |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of State Islamic Institute of Lhokseumawe
, 2016
|
Online Access: |
http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/121 http://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/itqan/article/view/121/79 |
Daftar Isi:
- Rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dikarenakan siswa tidak memahami masalah yang diberikan dan jarang membuat apa yang diketahui dan ditanya sehingga siswa tidak bisa tau cara apa yang digunakan untuk menyelesaikan masalah akibatnya siswa tidak bisa menyelesaikan masalah. Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari pendidikan matematika realistik (PMR) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Negeri 6 Lhokseumawe. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 kelas eksperimen yang mendapat PMR dan kelas VII-3 kelas kontrol yang mendapat pembelajaran biasa (PB). Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Negeri 6 Lhokseumawe dengan PMR lebih tinggi daripada pembelajaran biasa (PB)