Implementasi Kegiatan Salam Pagi Dalam Rangka Menumbuhkan Karakter Komunikatif Siswa Sekolah Dasar

Main Authors: Nugroho, Agung, Pangestika, Anindya Nugraheni
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA , 2017
Online Access: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1025
http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1025/722
Daftar Isi:
  • Pendidikan karakter merupakan pondasi bangsa yang sangat penting dan perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Pendidikan karakter dapat ditumbuhkan melalui kegiatan pembiasaan dan keteladanan. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji implementasi kegiatan salam pagi dalam rangka menumbuhkan karakter komunikatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kegiatan salam pagi untuk mengembangkan karakter komunikatif dilakukan melalui kebiasaan berkomunikasi antara siswa dengan guru saat melaksanakan kegiatan salam pagi. Komunikasi tersebut dapat menjalin keakraban sehingga tercipta kedekatan antara siswa dengan kepala sekolah, guru, dan teman sekelas maupun lain kelas. Hasil temuan ini memperkuat teori behavioristik yang menyatakan bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu apabila mampu menunjukkan perubahan tingkah laku. Kata Kunci: Implementasi, Karakter Komunikatif, Salam Pagi.