IbM LESSON STUDY DAN PEMBELAJARANNYA PADA GURU DI KECAMATAN JABUNG SERTA PENGIMBASANNYA

Main Authors: Prayitno, Anton, Hamid, Abdul, Baidawi, Muhammad
Other Authors: Univ. Wisnuwardhana Malang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Pusat Kajian Pendidikan Sains dan Matematika (PKPSM) IKIP Mataram , 2018
Subjects:
Online Access: http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/lumbunginovasi/article/view/9
http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/lumbunginovasi/article/view/9/6
Daftar Isi:
  • Lesson Study (LS) mulai disosialisasikan di lingkungan pendidikan Kabupaten Malang sejak tahun 2006, namun belum semua sekolah melaksanakan kegiatan lesson study baik tingkat MGMP maupun tingkat sekolah. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam pengabdian ini adalah kegiatan seminar lesson study dan Pembelajarannya serta workshop lesson study dan pembelajarannya. Secara kuantitas, capaian daya serap peserta seminar ini sebesar 90% dan capaian workshop sebesar 90% peserta telah mampu menyusun bahan ajar yang digunakan untuk kegiatan lesson study. LS yang diimplementasikan dalam pelaksanaan pengabdian ini meliputi siklus plan-do-see dengan enam tahapan, yaitu membentuk kelompok LS, menentukan fokus kajian, merencanakan research lesson, pelaksanaan pembelajaran dan observasi aktivitas pembelajaran, mendiskusikan dan menganalisis hasil observasi, dan refleksi dan penyempurnaan.