PENERAPAN PENDEKATANBRAINSTORMING ROUND ROBIN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KONEKSI MATEMATIK SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MTs TERPADU
Main Authors: | Rohmah, Maya Siti, Herdiman, Indri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Suryakancana
, 2017
|
Online Access: |
https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/121 https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/121/129 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran, koneksi matematik dan kemandirian belajar siswa MTs Terpadu yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Brainstorming Round Robin lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non equivalent pre-test and post-test control group design dengan sampel penelitian siswa di salah satu MTs Terpadu di Kabupaten Bandung Barat.Instrumen yang digunakan berupa soal uraiankemampuan penalaran matematik dan koneksi matematik serta angket kemandirian belajar.Data yang diperoleh diolah dengan bantuan software SPSS 22. Hasil menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan penalaran dan koneksi matematik siswa MTs Terpadu yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Brainstorming Round Robin lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Selain itu pencapain kemandirian belajar siswa MTs Terpadu yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Brainstorming Round Robin lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Kata Kunci: Brainstorming Round Robin, penalaran matematik, koneksi matematik, kemandirian belajar