Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
| Main Authors: | Aang, Abdulbari, Muhaemin, Himni |
|---|---|
| Format: | Article info application/pdf eJournal |
| Bahasa: | eng |
| Terbitan: |
Universitas Suryakancana
, 2020
|
| Subjects: | |
| Online Access: |
https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/1008 https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/1008/1053 |
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model Problem Based Learning. Jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X 1 SMA Negeri 1 Cianjur yang berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Logaritma. Hal ini dapat dilihat dari : 1) Ketuntasan belajar siswa sebelum adanya tindakan sebanyak 9 siswa (39,13%) dan diakhir tindakan mencapai 19 siswa (82,64%), 2) Keberanian siswa menanyakan materi yang belum jelas sebelum tindakan yaitu sebanyak 5 siswa (21,74%) dan di akhir tindakan mencapai 15 siswa (65,24%), 3) Siswa yang menanggapi pendapat siswa lain sebelum tindakan yaitu sebanyak 2 siswa (8,69%) dan di akhir tindakan mencapai 11 siswa (47,82%), 4) Antusias siswa mengerjakan soal sebelum tindakan yaitu sebanyak 8 siswa (34,78%) dan di akhir tindakan mencapai 17 siswa (73,93%). Kesimpulan penelitian ini adalah dengan implementasi model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Logaritma.
