PEMIKIRAN ETIKA BISNIS DAWAM RAHARDJO PESPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

Main Author: Fauzi, Ade; Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LP2M IAIN Mataram
Subjects:
Online Access: http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/lemlit/article/view/910
http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/lemlit/article/view/910/1153
Daftar Isi:
  • Etika merupakan bagian integral dari bisnis. Namun munculnya isu-isu sosial dalam bisnis yang berupa kurangnya kesadaran sosial, moralitas dan kerusakan yang ditimbulkan pada masyarakat berupa masalah-masalah yang berhubungan dengan bisnis yang pada akhirnya mengekspos fakta, bahwa hukum dan peraturan telah gagal sampai batas tertentu. Karena itulah etika bisnis Dawah Rahardjo memberikan jawaban atas persoalan ini. Jenis penelitian ini adalah content analysis yang bersifat library research. Data primer dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dan berbagai karya yang ditulis Dawam Rahardjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dawam Rahardjo mendasari pemikiran etika bisnisnya dari nilai-nilai fundamental ekonomi Islam yang kemudian diasimilasikan dengan budaya lokal Indonesia yang terkandung dalam Pancasila. Nilai-nilai dasar yang ditawarkan Dawam Rahardjo, berupa tauhid, khilafah, musyawarah, ihsan, fastabiq al-khaira@t, keseimbangan, amanah, amar ma’ru@f nahi munkar, wa tawa@ s}aubi al-haqq wa tawa@s}aubi al-s}abr, dan taqwa. Nilai-nilai tersebut sangat sesuai dengan etika bisnis Islam, karena nilai-nilai ini bersumber dari al-Qur’an dan dipahami dengan teori dan pendekatan ilmu ekonomi. Nilai-nilai normatif ini kemudia diaktualisasikan dalam bentuk etika terapan berupa ekologi, profesionalisme dan amanah manajerial. Ethic is an integral part of business. The occurrence of social issues in business is nevertheless; the lack of social awareness, morality, and destruction upon people in the society namely problem related to business, revealed a fact that law and rules have failed in some circumstances. Therefore Dawam Raharjo offers business ethic to answer such question. This study is content analysis with library research approach. Primary data for this research is interview and some writing of Dawam Rahardjo. This research depicts that Dawam Rahardjo offers his business ethic in which he based his thought on fundamental Islamic thought. Thus these values have been assimilated into Indonesian local culture which is materialized in Pancasila. Basic values offered by Dawam Rahrdjo are tauhid, khilafah, musyawarah, ihsan, fastabiq al khairat, keseimbangan, amanah, amar ma’ruf nahi munkar, wa tawasaubi al – haqq wa tawasaubi – alsabr, and taqwa. Those values are in accordance with Islamic business ethics because these values come from the holly Qur’an and these valuese can be understood through economics approach. These normative values are then actualized in ethics such as echology, professionalism, and managerial