PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA KULIAH PERSAMAAN DIFERENSIAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS MATARAM
Main Authors: | Hikmah, Nurul, Arjudin, Arjudin, Hapipi, Hapipi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Penddikan MIPA, FKIP, Universitas Mataram
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/59 http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/59/59 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ranah kognitif dan afektif mahasiswa pada mata kuliah Persamaan Diferensial melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada semester V program studi pendidikan matematika FKIP Unram tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Pada siklus ketiga, pembelajaran kooperatif tipe NHT telah berjalan secara optimal dengan ketuntasan belajar mahasiswa sebesar 88,89%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran di perguruan tinggi khususnya pada mata kuliah Persamaan Diferensial.Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe NHT, Persamaan Diferensial Abstract: This research aims at increasing students cognitive and affective understanding in differential equation subject by applying NHT cooperative learning model at semester V of mathematical education study program, Mataram University, academic year 2011/2012. This research is a classroom action research which is carried out in 3 cycles. In the last cycle, it is shown that NHT cooperative learning has run optimally with the learning exhaustiveness achieved 88,89%. This result indicates that NHT cooperative learning can be made as one of instruction models in university, especially in differential equation subject.Key Words : NHT cooperative learning, differential equation