Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Jaringan Hewan di SMA

Main Author: Andayani, Flaviana Claudia
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan PMIPA, FKIP, Universitas Mataram , 2020
Subjects:
Online Access: http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/2004
http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/2004/pdf
http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/downloadSuppFile/2004/246
http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/downloadSuppFile/2004/247
Daftar Isi:
  • Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang dituntut dalam menghadapi abad ke-21. Selain itu tuntutan kurikulum 2013 yang menekankan pembelajaran student center sehingga peserta didik harus mampu membangun pemahamannya sendiri berdasarkan pengalaman nyata. Keterampilan berpikir kritis dapat dilatihkan kepada peserta didik dengan model pembelajaran inkuiri yang difasilitasi melalui perangkat pembelajaran pada materi Jaringan Hewan karena pada materi tersebut terdapat tuntutan percobaan ilmiah yang dapat melatihkan peserta didik untuk menemukan masalahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas Perangkat Pembelajaran berbasis inkuiri pada materi Jaringan Hewan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate, namun pada tahap disseminate tidak dilaksanakan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari RPP, BAPD, LKPD dan instrumen evaluasi. Berdasarkan hasil analisis validitas menggunakan pendapat Ratumanan dan Laurents dan analisis reliabilitas menggunakan percentage agreement didapatkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis inkuiri untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi Jaringan Hewan yang dikembangkan memiliki kriteria valid dan reliabel