IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROBLEM POSING DENGAN SETTING PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATAKULIAH METODE NUMERIK

Main Author: Subarinah, Sri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Penddikan MIPA, FKIP, Universitas Mataram , 2010
Online Access: http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/164
http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/164/160
ctrlnum article-164
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROBLEM POSING DENGAN SETTING PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATAKULIAH METODE NUMERIK</title><creator>Subarinah, Sri</creator><description lang="en-US">Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar mata kuliah Metode Numerik melalui penerapan problem posing dengan setting pembelajaran kooperatif. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus pada mahasiswa semester IV program studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram tahun ajaran 2006/2007. Pada penelitian ini problem posing yang diimplementasikan dikombinasikan dengan model kooperatif saat mahasiswa menyusun problem, mencari solusi dan penyajian hasil. Pada akhir siklus ketiga, pembelajaran Metode Numerik yang menerapkan problem posing yang telah terlaksana secara optimal dengan tingkat pencapaian indikator PBM sebesar 92,4%. Hasil ini merupakan indikasi bahwa model pembelajaran problem posing dengan setting kooperatif yang diterapkan pada siklus terakhir dapat dijadikan salah satu model pembelajaran di perguruan tinggi, terutama untuk perkuliahan Metode Numerik.Kata-kata kunci : Problem posing, pembelajaran kooperatif, metode numerik&#xA0;Abstract: This study is done to improve learning achievement students for numerical method subject by applying problem posing approach using cooperative learning setting. This research done by three cycles for fourth semester students in Mathematics Education program study FKIP Universitas Mataram 2006/2007. In this research, The students construct problems, solve problems and present the result of discussion in cooperatively. At the last cycle, problem posing model was implemented optimally with 92.4% indicator satisfied. This result indicates that problem posing implemented in the last cycle can be made as one of instruction model in university, especially for numerical method subject.Keywords: problem posing, cooperative learning, numerical method</description><publisher lang="en-US">Jurusan Penddikan MIPA, FKIP, Universitas Mataram</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2010-03-01</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/164</identifier><identifier>10.29303/jpm.v5i1.164</identifier><source lang="en-US">JURNAL PIJAR MIPA; Vol 5, No 1 (2010): MARET</source><source>2460-1500</source><source>1907-1744</source><language>eng</language><relation>http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/164/160</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2017 JURNAL PIJAR MIPA</rights><recordID>article-164</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Subarinah, Sri
title IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROBLEM POSING DENGAN SETTING PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATAKULIAH METODE NUMERIK
publisher Jurusan Penddikan MIPA, FKIP, Universitas Mataram
publishDate 2010
url http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/164
http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/164/160
contents Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar mata kuliah Metode Numerik melalui penerapan problem posing dengan setting pembelajaran kooperatif. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus pada mahasiswa semester IV program studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram tahun ajaran 2006/2007. Pada penelitian ini problem posing yang diimplementasikan dikombinasikan dengan model kooperatif saat mahasiswa menyusun problem, mencari solusi dan penyajian hasil. Pada akhir siklus ketiga, pembelajaran Metode Numerik yang menerapkan problem posing yang telah terlaksana secara optimal dengan tingkat pencapaian indikator PBM sebesar 92,4%. Hasil ini merupakan indikasi bahwa model pembelajaran problem posing dengan setting kooperatif yang diterapkan pada siklus terakhir dapat dijadikan salah satu model pembelajaran di perguruan tinggi, terutama untuk perkuliahan Metode Numerik.Kata-kata kunci : Problem posing, pembelajaran kooperatif, metode numerik Abstract: This study is done to improve learning achievement students for numerical method subject by applying problem posing approach using cooperative learning setting. This research done by three cycles for fourth semester students in Mathematics Education program study FKIP Universitas Mataram 2006/2007. In this research, The students construct problems, solve problems and present the result of discussion in cooperatively. At the last cycle, problem posing model was implemented optimally with 92.4% indicator satisfied. This result indicates that problem posing implemented in the last cycle can be made as one of instruction model in university, especially for numerical method subject.Keywords: problem posing, cooperative learning, numerical method
id IOS5147.article-164
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library JURNAL PIJAR MIPA
library_id 1372
collection JURNAL PIJAR MIPA
repository_id 5147
subject_area Pendidikan MIPA matematika
KIMIA
Fisika
Biologi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5147
first_indexed 2018-01-26T01:27:18Z
last_indexed 2018-01-26T01:27:18Z
recordtype dc
_version_ 1686313715047071744
score 17.538404