Pengembangan Alat Permainan Edukatif Karambol Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) sebagai Media Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar

Main Authors: Eni, Umi Angga, Wijayanti, Arfilia, Ardiyanto, Asep
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan PMIPA, FKIP, Universitas Mataram , 2020
Subjects:
Online Access: http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/1627
http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/1627/pdf
Daftar Isi:
  • Alat bantu pembelajaran sangat diperlukan dalam proses pembelajaran untuk membantu siswa memahami materi dengan menyenangkan dan bereksplorasi meningkatkan kemampuan berfikir kritisnya. Oleh karena itu peneliti mengembangkan Alat permainan Edukatif Karambol Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis serta belajar sambil bermain.Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan desain penelitian menurut ADDIE dengan tahapan yaitu Analasis (Analisis), Design (desain/merancang), Development (pengembangan), Implementation (implementasi/penerapan), Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan analisis kebutuhan guru dan siswa untuk mengetahui kebutuhan yang dibutuhkan dilapangan. Penelitian dilakukan di SDN Rejosari 03 Semarang dengan subyek siswa kelas IV. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli media dan ahli materi untuk mengetahui kevalidan media dan materi pembelajaran, angket respon guru dan siswa untuk mengetahui kepraktisan media dan materi pembelajaran, serta soal pretest-postest untuk mengetahui keefektifan media APE Karambol berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) sebagai pembelajaran IPA kelas IV sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Alat Permainan Edukatif Karambol Berbasis HOTS valid dan praktis serta efektif digunakan sebagai media pembelajaran IPA sekolah dasar.