Pengaruh Model Pembelajaran Quantum dengan Bantuan Simulasi PHET Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Main Authors: Aminah, Siti, Doyan, Aris, Hikmawati, Hikmawati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan PMIPA, FKIP, Universitas Mataram , 2020
Subjects:
Online Access: http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/1531
http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/1531/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari model pembelajaran quantum dengan bantuan simulasi PhET terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment with untreated control group design with pretest and posttest. Populasi penelitian adalah semua siswa pada kelas XI MIA di MAN 2 Mataram. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling sehingga diperoleh dua kelas yaitu XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 6 sebagai kelas kontrol. Tes menggunakan esai sebanyak 5 soal untuk keterampilan berpikir kritis. Nilai rata-rata posttest untuk keterampilan berpikir kritis di kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 73,81 dan 63,41. Pengujian hipotesis penelitian ini adalah MANOVA. Hasil uji MANOVA menunjukkan signifikan 0,043 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh dari model pembelajaran quantum dengan berbantuan simulasi PhET terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.