Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Phet (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika
Main Authors: | Saputra, Rozi, Susilawati, Susilawati, Verawati, Ni Nyoman Sri Putu |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan PMIPA, FKIP, Universitas Mataram
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/1459 http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/1459/pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media simulasi PhET (physics education tehnology) terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMA Negeri 1 Kediri tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 1 Kediri dengan jumlah 64 peserta didik, tehnik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 21 orang dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas Kontrol sebanyak 20 orang. Kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran dengan model pembelajaran langsung menggunakan media simulasi PhET (Physics Education Tehnology) sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Uji coba instrument tes hasil belajar telah memenuhi syarat diantaranya, uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Sehingga diperoleh sebanyak 25 soal valid dan 5 soal tidak valid dari 30 soal yang diujikan, kemudian soal tersebut diberikan saat melakukan tes awal dan tes akhir. Setelah didapatkan hasil tes akhir kedua kelas homogen dan terdistribusi normal hipotesis penelitian diujikan dengan uji-t dengan taraf signifikan 5% dan diperoleh hasil thitung sebesar 4,12 dan ttabel sebesar 2,02 sehingga dapat dikatakan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media simulasi PhET (Physics Education Technology) terhadap hasil belajar fisika peserta didik.