Pengaruh Penerapan Metode Tutor Sebaya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis

Main Authors: Noryanti, Tuvi, Amir MZ, Zubaidah, Nufus, Hayatun
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan PMIPA, FKIP, Universitas Mataram , 2019
Subjects:
Online Access: http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/1072
http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/1072/pdf
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan penerapan metode tutor sebaya dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung terhadap kemampuan awal matematis pada siswa kelas VII SMP Negeri 32 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, teknik observasi, dan dokumentasi. Untuk melihat hasil penelitian tersebut digunakan rumus uji-t (test-t) untuk mengetahui hasil penelitian dan anova dua jalur. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran metode tutor sebaya dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. Kedua, terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran metode tutor sebaya dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal matematis.