Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Panas dan Perpindahannya di Sekolah Dasar

Main Authors: Haryanti, Arum, Suhartono, Suhartono, Salimi, Moh
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan PMIPA, FKIP, Universitas Mataram , 2019
Subjects:
Online Access: http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/1046
http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/1046/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan langkah model Experiential Learning, meningkatkan hasil belajar IPA pada tema Panas dan Perpindahannya, dan mengidentifikasi kendala penerapan model dan solusinya dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Waluyo tahun ajaran 2018/2019. Data yang dianalisis berupa data kualitatif yaitu penggunaan model Experiential Learning dan data kuantitatif yaitu hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Experiential Learning yang dilaksanakan dengan langkah-langkah Concrete Experience, Reflective Observation, Abstract Conceptualization, dan Active Experimentation dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada tema Panas dan Perpindahannya di kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Waluyo tahun ajaran 2018/2019 yang dibuktikan dengan persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 76,33 % menjadi 92,63 % pada siklus II. Kendala yang ditemui yaitu terdapat peserta didik yang kurang aktif menjawab pertanyaan, sulit memahami materi, malu mempresentasikan hasil diskusi, kurang fokus dalam pembelajaran, dan kesulitan menyampaikan pendapat dengan bahasa yang jelas. Solusi yang diterapkan yaitu memberikan penghargaan bagi peserta didik yang aktif, memberikan bimbingan dan pengawasan yang lebih, menunjuk semua anggota kelompok mempresentasikan hasil diskusi, dan membimbing peserta didik saat penyampaian pendapat.