Daftar Isi:
  • Fauziah Nur Arifin. Pengaruh Efikasi Diri, Kemandirian Belajar, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK N 13 Jakarta Barat Pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Univeristas Negeri Jakarta, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efikasi diri, kemandirian belajar, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa serta mengetahui pengaruh dari efikasi diri, kemandirian belajar, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK N 13 Jakarta pada mata pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi hasil belajar siswa dan teknik penyebaran angket atau kuesioner untuk pengumpulan data efikasi diri, kemandirian belajar, dan motivasi belajar siswa. Validasi instrumen penelitian menggunakan rumus product moment dan pengujian reliabilitas butir soal menggunakan rumus Kurder Ricardson 20 (K-R.20). Teknik analisis data ini menggunakan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan linieritas. Kemudian dilakukan analisis persamaan regresi berganda. Sedangkan pengujian hipotesis melalui uji T dan Uji F. Selanjutnya, dilakukan pengujian koefisien determinasi. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis diperoleh bahwa seluruh data yang digunakan dalam penelitian ini berdistribusi normal dan linier. Dari hasil analisis persamaan regresi berganda diketahui bahwa efikasi diri, kemandirian belajar, dan motivasi belajar bernilai positif sehingga ketiganya berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Diketahui berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji T diperoleh efikasi diri sebesar 2,458 > sebesar 1,989. Untuk hasil uji T kemandirian belajar diperoleh 14,146 > yaitu 1,989. Sedangkan hasil uji T motivasi diperoleh 1,887 < yairu 1,989. Sehingga dari hasil uji T tersebut diketahui bahwa efikasi diri dan kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar sedangkan motivasi belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Hasil uji F diperoleh sebesar 188,019 > yaitu 2,72. Sehingga diketahui bahwa efikasi diri, kemandirian belajar, dan motivasi belajar berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar dengan persentase keberpengaruhan sebesar 87,3%. Disimpulkan bahwa efikasi diri, kemandirian belajar, dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK N 13 Jakarta pada mata pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan. Kata kunci : efikasi diri, kemandirian belajar, motivasi belajar, dan hasil belajar