PENGARUH PERSEPSI PENERAPAN OVERALL COST LEADERSHIP DAN SISTEM MANAJEMEN MUTU TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN PADA PRODUK GENERIK (PT. KIMIA FARMA (Persero) Tbk.)
Daftar Isi:
- ABSTRAK Secara garis besar tujuan penelitian ini adalah: 1) menganalisis dan menguji pengaruh persepsi penerapan overall cost leadership (CL) terhadap kinerja perusahaan (KP) baik secara langsung maupun tidak langsung melalui variabel mediasi/ intervening keunggulan bersaing (CA), 2) menganalisis dan menguji pengaruh persepsi penerapan sistem manajemen mutu (SM) terhadap kinerja perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung melalui variabel mediasi/ intervening keunggulan bersaing, serta 3) menganalisis dan menguji pengaruh keunggulan bersaing terhadap terciptanya kinerja perusahaan PT. Kimia Farma (Persero) Tbk. Unit analisisnya adalah dua unit Plant yang memproduksi obat generik terbesar di PT. Kimia Farma (Persero) Tbk dengan respoden yang disebarkan sebanyak 180 responden. Responden yang mengembalikan sebanyak 129 Responden dengan data lengkap sebanyak 120 Responden. Pengolahan data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software LISREL 8.70.. Analisa awal dilakukan dengan melakukan pengecekan normalitas data dan hasilnya menunjukkan p-value skewness and kurtosis multivariare lebih besar dari 0.05, hal ini berarti data dapat dikatakan normal. Hasil Penelitian untuk : 1) 1st CFA menunjukkan tiap variabel memenuhi validitas dan reliabilitas baik variabel eksogen (overall cost leadership dan sistem manajemen mutu) dan variabel endogen (keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan), 2) 2nd CFA menunjukkan keseluruhan model telah memenuhi goodness of fit dan hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan untuk : i) CLKP, nilai korelasi 0,44 dan T-value 4.3, ii) CLCA, nilai korelasi 0,43 dan T-value 3,69 iii) SMCA, nilai korelasi 0,46 dan T-value 3,88 iv) SMKP, nilai korelasi 0,20 dan T-value 2.04, v) CA KP, nilai korelasi 0,34 dan T-value 3.89 vi) CLCAKP, nilai korelasi 0,15 dan T-value 2.81., vii) SMCAKP, nilai korelasi 0,16 dan T-value 2.73. Kata kunci : cost leadership, sistem manajemen mutu, keunggulan bersaing, kinerja perusahaan, generik