HUBUNGAN ANTARA KESIAPAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA SMA NEGERI 64 DI JAKARTA TIMUR
Daftar Isi:
- ABSTRACT IRNAWATY. The Correlation Between Readiness Of Learning And The Result Of Economic Learning’s Pupils At East Jakarta 64 Senior High School. Skripsi, Jakarta. Study Program Of Economic Education,Concentration In Economic Cooperative Education, Department Of Economic And Administration, Faculty Of Economic, State University Of Jakarta, 2011. The purpose of this research is to get valid and reliable data or fact, to know more about the correlation between readiness of learning and the result of economic learning’s pupils. This research have been done for three months since October 2011 until December 2011. The method of research is survey method using correlation approach. This research population is all of student at SMAN 64 Jakarta. The target population Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak proporsional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 4.Sebanyak 111 orang. Berdasarkan sampel dari tabel penentuan jumlah sampel, diambil sampel sebanyak 84 orang dengan sampling error 5 %. Untuk menjaring data dari Kesiapan Belajar (variabel X) dan Hasil Belajar Siswa digunakan kuesioner model skala likert Perhitunan reliabilitas variabel X dan variabel Y menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas varibel X sebesar 0,890. Hasil ini membuktikan bahwa instrumen tersebut reliable. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan L hitung = 0.0584, sedangkan L tabel untuk n=78 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0.10032. Karena L hitung < L tabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y = 43,78 + 0.30X . Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung >F tabel , yaitu 25,72 > 7,01, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Uji linearitas regresi menghasilkan F hitung < F tabel yaitu 1,666 < 2,14, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regreasi tersebut linier. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0.503 , selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan t hitung = 5,074 dan t tabel = 2,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0.503 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 25,29 % yang menunjukkan bahwa 25,29 % hasil belajar kewirausahaan ditentukan oleh pola asuh demokratis orang tua. Hasil perhitungan menyimpulkan terdapat hubungan yang positif antara Pola Asuh Demokratis Orang Tua dengan Hasil Belajar Kewirausahaan pada Siswa SMKN 14 di Jakarta Pusat.