PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI SMA NEGERI DI WILAYAH JAKARTA TIMUR
Daftar Isi:
- ABSTRAK YANI SRI HANDAYANI. Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA Negeri di Wilayah Jakarta Timur. Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan Ekonomi Koperasi, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Desember 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Antara Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA Negeri di Wilayah Kakarta Timur. Penelitian ini dilakukan terhadap guru ekonomi SMA Negeri di Wilayah Jakarta Timur selama 5 bulan sejak bulan Februari 2012 sampai dengan bulan Juni 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jumlah sampel sebanyak 40 guru ekonomi yang ditentukan dengan menggunakan teknik acak sederhana (simple random sampling). Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data kinerja guru adalah kuisioner berbentuk skala likert sebanyak 27 butir pernyataan dengan rentang skor 1-5, untuk mendapatkan data motivasi kerja adalah kuisioner berbentuk skala likert sebanyak 27 butir pernyataan dengan rentang skor 1-5, sedangkan untuk mendapatkan data disiplin kerja adalah kuisioner berbentuk skala likert sebanyak 25 butir pernyataan dengan skor 1-5. Dari uji F pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru ekonomi, F hitung adalah sebesar 18,066 sedangkan F tabel adalah sebesar 3,168 maka F hitung > F tabel. Artinya terdapat pengaruh secara simultan antara motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru. Kesimpulan yang sama terjadi pada uji signifikansi dan nilai sig. yang didapat adalah 0,000 dari hasil tersebut bahwa sig. lebih kecil dari a maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh antara motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru. Sehingga variabel motivasi kerja dan disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja guru ekonomi. Untuk uji t, dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa variabel motivasi kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru ekonomi, dan variabel disiplin kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru ekonomi. Selain itu, terlihat bahwa R square adalah sebesar 0,401, artinya seluruh variabel bebas (motivasi kerja dan disiplin kerja) dapat menjelaskan variabel terikat (kinerja guru ekonomi) sebesar 40,1%. Sedangkan sisanya sebesar 30,1% diterangkan oleh variabel lain. Adapun persamaan regresi yang didapat adalah sebagai berikut: Y = 28,583 + 0,438X1 + 0,341X2.