Daftar Isi:
  • ABSTRAK OCTAVIANI MURTININGSIH. “Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Membaca Buku Teks Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri104 Jakarta”.Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2015. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perhatian orang tua dan minat membaca buku ekonomi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa jurusan IPS di SMAN 104 Jakarta. Populasi terjangkau dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS di SMAN 104 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik sampel acak sederhana. Sampel yang diambil adalah 105 orang menurut tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Penelitian ini menggunakan analisis jalur. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa perhatian orang tua berpengaruh langsung terhadap hasil belajar siswa sebesar 21,3%. Selanjutnya, minat membaca buku ekonomi berpengaruh langsung terhadap hasil belajar siswa sebesar 17,6%. Dan pengaruh tidak langsung antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa melalui minat membaca buku ekonomi sebesar 16,7%. Nilai koefisien determinasi (R2 ) diperoleh sebesar 0,542 memiliki pengertian bahwa pengaruh perhatian orang tua dan minat membaca buku ekonomi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sebesar 54,2%, sedangkan sisanya 45,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Hasil Belajar, Perhatian Orang Tua, Minat Membaca Buku Ekonomi