PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 84 JAKARTA
Daftar Isi:
- ABSTRAK PUJI KURNIAWATI. Pengaruh Kecerdasan Intelektual Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 84 Jakarta. Konsentrasi Pendidikan Ekonomi Koperasi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan intelektual dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar pada tataran Sekolah Menengah Atas. Penelitian dilakukan pada bulan Januari hingga Maret 2016 di SMA Negeri 84 Jakarta. Metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan korelasional. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IIS 1, XI IIS 2 dan XI IIS 3 yang berjumlah 108 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling atau sensus. Sensus adalah cara pengumpulan seluruh elemen diselidiki satu persatu yang hasilnya merupakan data sebenarnya atau disebut parameter. Penelitian ini menggunakan teknik regresi dimana kecerdasan intelektual berpengaruh langsung terhadap hasil belajar, lingkungan belajar berpengaruh langsung terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan intelektual dengan hasil belajar siswa dengan t sebesar 2,449 > t sebesar 1,663. secara parsial ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar siswa dengan ttabel sebesar 2,863 <ttabel hitung sebesar 1,663. Pengaruh kecerdasan intelektual dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa dapat dilihat dari koefisien determinasi (R2) sebesar sebesar 0,124 menunjukkan variasi hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh kecerdasan intelektual dan lingkungan belajar sebesar 12,4%. sedangkan sisanya 87,6% ditentukan faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Keeratan hubungan secara simultan antara variable kecerdasan intelektual dan lingkungan belajar dan hasil belajar ekonomi siswa adalah lemah sebesar 0,352.