Pola Pembelajaran dan Pengasuhan Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Madura

Main Author: Kurniasari, Netty Dyah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Ilmu Komunikasi UTM , 2016
Online Access: http://journal.trunojoyo.ac.id/komunikasi/article/view/1844
http://journal.trunojoyo.ac.id/komunikasi/article/view/1844/1523
Daftar Isi:
  • AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pola (metode)pembelajaran pengasuhan, sarana dan prasarana yang diterapkan di sekolahPAUD di Madura.Selain itu juga untuk mengetahui latar belakang sosial,budaya , pendidikan dan ekonomi orang tua peserta didik. Metode penelitianyang digunakan adalah observasi dan wawancara. Subyek penelitian adalahpos PAUD di Kabupaten Bangkalan. Teknik pemilihan subyek berdasarkanpurposive sampling. Teknik keabsahan data adalah triangulasi sumber. Hasilpenelitian menunjukkan beberaha hal. Pertama, latar belakang ekonomiberpengaruh thd jenis sekolah yang dipilih orang tua siswa. Kedua, saranadan prasarana yang dimiliki POS PAUD masih minim.Ketiga,pola pengasuhanyang diterapkan bervariasi , mulai dari tipe otoriter, demokrasi dan permisif.Kata kunci : Pola pengajaran, pola asuh, anak usia dini