PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR)

Main Author: Holisin, Iis
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Surabaya , 2016
Subjects:
Online Access: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/255
http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/255/199
Daftar Isi:
  • ABSTRAKObjek yang ada dalam matermatika bersifat abstrak. Karena sifatnya yang abstrak, tidak jarang guru maupun siswa mengalami beberapakendala dalam proses pembelajaran. Untuk mengurangi tingkat keabstrakan siswa terhadap matermatika, saat ini sudah dikenalkan pembelajaran matermatika realistic (PMR). PMR lebih mendekatkanmatematika dengan lingkungan siswa. Dalam PMR guru harus mengaitkan konsep-konsep matematika dengan pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari dan menerapkan kembali konsepmatermatika yang telah dimiliki siswa pada kehidupan sehari-hari. Adapun langkahlangkah dalam PMR adalah sebagai berikut:Memahami masalah kontekstual, menjelaskan masalah kontekstual, menyelesaikan masalah kontekstual, membandingkan dan mendiskusikanjawaban, menyimpulkan.