STRATEGI MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA

Main Author: AINY, CHUSNAL
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Surabaya , 2016
Subjects:
Online Access: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/245
http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/245/189
Daftar Isi:
  • AbstrakProses pembelajaran di sekolah masih banyak dilakukan secara konvensional, yang menyebabkan siswa tidak aktif dan kreatif, sehingga hasil belajar siswa tidak memuaskan. Dalam kurikulum 2006 kecakapan atau kemahiran yang diharapkan mencakup pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi serta pemecahan masalah. Komunikasi selalu menggunakan bahasa untuk bisa difahami. Di dalam pembelajaranmatematika harus difahami bahwa matematika merupakan suatu bahasa, yaitu serangkaian makna dari pernyataan yang akan disampaikan. Pada proses pembelajaran kenyataannya siswa hampir tidak pernah diajak untuk mengkomunikasikan ide-idenya. Semua itu terlihat dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat guru maupun penggunaan model dan strategi pembelajaran yang cenderung konvensional. Proses pembelajaran masih berpusat pada guru, yang mestisnya sudah diubah menjadi berpusat pada siswa, agar siswa tidak pasif. Sehingga aspek kecakapan atau kemahiran yang diharapkan dapat tercapai, serta dapat meningkatkan kemampuan siswa. Salah satu cara yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa adalah penggunaan strategi think-talk-write dalam pembelajaran matematika. Strategi think-talk-write merupakan strategi pembelajaran menggunakan think yaitu berpikir, artinya memproses informasi secara kognitif. Talk adalah berbicara, yaitu suatu ketrampilan mengeluarkan suara untuk menyampaikan pendapat dari alam pikiran. Write artinya menulis, yaitu suatu kegiatan yang menghasilkan informasi dalam bentuk catatan. Penggunaan strategi think-talk-write dimulai dari memikirkan materi dengan memahami, mengkritisi, mencari pemecahan. Selanjutnya mengkomunikasikan melalui diskusi, tanya jawab. Terakhir menyajikan laporan dalam bentuk tulisan.