Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Dasar

Main Author: Khasanah, Musfirati
Other Authors: Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Surabaya , 2018
Subjects:
Online Access: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/1564
http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/1564/1482
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk megetahui hasil belajar siswa dalam ranah kognitif dan psikomotorik dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan handout pada mata pelajaran Pemrograman Dasar kelas X Program Keahlian Multimedia.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen pretest posttest dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian diperoleh (1) rata-rata hasil belajar kelas X MM 1 dalam ranah kognitif sebesar 70,303 dan ranah psikomotorik sebesar 70,303, sedangkan rata-rata hasil belajar kelas X MM 2 dalam ranah kognitif sebesar 79,375 dan ranah psikomotorik sebesar 77,031 (2) Hasil uji t dalam ranah kognitif dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation dan Creative Problem Solving sebesar 0,028. Hasil uji t dalam ranah psikomotorik dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation sebesar 0,046 dan Creative Problem Solving sebesar 0,045. Berdasarkan hasil tersebut, maka terdapat perbedaan dalam ranah psikomotorik diantara keduanya.