Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Murid Kelas V SD Hang Tua Makassar

Main Author: Kristiawati, Kristiawati
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers , 2018
Online Access: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/958
https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/958/874
Daftar Isi:
  • Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada murid kelas V SD Hangtua. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pendekatan matematika realistik pada murid kelas V SD Hang Tua Makassar.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana pada siklus I dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan dan siklus II empat kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas V SD Hang Tua Makassar sebanyak 30 orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama yang tuntas secara individual dari 30 murid yaitu 12 orang murid atau 40% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 65 atau berada pada kategori rendah. Secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata diperoleh sebesar 64,2. Sedangkan pada siklus II dimana dari 30 murid terdapat 24 orang murid atau 80% telah memenuhi KKM yaitu 65 dan secara klasikal sudah terpenuhi yaitu nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 76,5 atau berada dalam kategori tinggi.Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada murid kelas V SD Hang Tua Makassar melalui pendekatan matematika realistik mengalami peningkatan.