Efektivitas Metode Jari Tangan (Jarimatika) tehadap Hasil Belajar Matematika Konsep Penjumlahan pada Siswa Kelas I SD Negeri 76 Kasambi Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang

Main Author: Kristiawati, Kristiawati
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers , 2018
Online Access: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/1097
https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/1097/1006
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengaktifkan hasil belajar matematika dengan menggunakan jari tangan (jarimatika) pada siswa kelas I SD Negeri 76 Kasambi Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yakni eksperimensemu (Pre-Eksperimental) yang melibatkan satu kelas Eksperimen tanpa adanya Kelas pembandingan (Kelas Kontrol), Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I sebanyak 21 siswa .Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) skor rata–rata hasil belajar matematika pada pretes adalah 60,48,sedangkan skor rata-rata hasil belajar (2) skor rata-rata presentase siswa selama proses pembelajaran matematikaa yang dialami selama dua kali pertemuan adalah 70,71 dengan kriteria efektif ≥ 75%. (3) respon siswa terhadap pembelajaran matematika setelah diterapkan Metode Jari tangan (jarimatika) menunjukkan bahwa rata-rata persentase respon siswa adalah 95,2%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Matematika siswa kelas I SD Negeri 76 Kasambi Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang menggunakan metode jari tangan (jarimatika) efektif digunakan dibandingkan tanpa menggunakan metode jari tangan (jarimatika).