Efektivitas Model Guided Discovery Learning untuk Video Pembelajaran dalam Mengetahui Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Main Authors: Ulfa, Khilya, Buchori, Achmad, Murtianto, Yanuar Hery
Other Authors: Universitas PGRI Semarang
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Muhammadiyah University of Surabaya , 2017
Subjects:
Online Access: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/matematika/article/view/888
http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/matematika/article/view/888/814
http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/matematika/article/downloadSuppFile/888/251
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)Apakah terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran guided discovery learning berbantu video pembelajaran dengan software Aurora 3D Presentation dan Camtasia Studio dengan model pembelajaran konvensional (2) Apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran guided discovery learning berbantu video pembelajaran dengan software Aurora 3D Presentation dan Camtasia Studio lebih baik dari siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (3)Apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dierikan perlakuan mencapai tuntas secara klasikal maupun individual. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling terpilih kelas XI Akuntansi 1 yang diberikan perlakuan dan kelas XI Pemasaran 2 yang diberikan model konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode non tes. Berdasarkan uji prasyarat disimpulkan bahwa sampel berdistribusi normal, mempunyai varians yang sama, dan mempunyai kemampuan awal yang sama. Hasil penelitiannya adalah terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan pembelajaran model guided discovery learning berbantuan video pembelajaran dan pembelajaran konvensional, model pembelajaran guided discovery learning berbantu video pembelajaran lebih baik dari pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model Guided Discovery Learning berbantuan video pembelajaran mencapai tuntas klasikal maupun individual.