Pengembangan Media Presentasi Visual dengan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika di SMP

Main Authors: Yulianti, Yulianti, Buchori, Achmad, Murtianto, Yanuar Hery
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Muhammadiyah University of Surabaya , 2017
Subjects:
Online Access: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/matematika/article/view/859
http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/matematika/article/view/859/811
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika. Metode yang digunakan ADDIE. (1) Analyze, analisis kebutuhan siswa menunjukkan siswa membutuhkan media pembelajaran. (2) Design, produk yang dihasilkan pada penelitian ini media presentasi visual powerpoint for android. (3) Development, media yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh ahli media persentase 89% dan ahli materi 84% sehingga dikatakan valid. (4) Implementation, tanggapan siswa di kelas VIII C tingkat pencapaian sebesar 88% berada pada kategori praktis. (5) Evaluation, data dalam penelitian ini terdiri dari data awal berupa nilai yang diperoleh melalui nilai ulangan harian. Data akhir berupa nilai yang diperoleh melalui posttest. Hasil dari posttest kedua kelas dilakukan uji kesamaan dua rata-rata (uji-t pihak kanan) didapat diperoleh dan maka kesimpulan H0 ditolak. Jadi disimpulkan bahwa pengembangan media presentasi visual powerpoint for android dengan pendekatan kontekstual valid digunakan dan efektif serta praktis dari pada pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika di SMP.