Penerapan Scaffolding sebagai Upaya dalam Meningkatkan Level Berpikir Matematis Siswa Ditinjau dari Taksonomi SOLO

Main Authors: Setiawan, Rudy, Mitasari, Zuni
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Surabaya , 2020
Subjects:
Online Access: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/matematika/article/view/4855
http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/matematika/article/view/4855/2923
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini yaitu adanya peningkatan level berpikir matematis siswa berdasarkan taksonomi SOLO yang diberikan bantuan scaffolding pada materi pertidaksamaan linier. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Tazkia IIBS Malang yang sudah pernah mempelajari materi pertidaksamaan linier. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif-responsif dengan jenis penelitian studi kasus. Jumlah objek penelitian sebanyak 3 siswa dengan rincian 1 siswa dengan level berpikir aljabar unistructural (level 1), 1 siswa dengan level berpikir aljabar multistructural (level 2), dan 1 siswa dengan level berpikir aljabar relational (level 3). Penelitian ini melibatkan scaffolding sebagai perlaukan utama untuk meningkatkan level berpikir matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa setelah pemberian scaffolding pada tes tertulis 1, dari siswa dengan level berpikir aljabar unistructural (level 1) dapat meningkat menjadi multistructural (level 2). Siswa dengan level berpikir aljabar multistructural (level 2) dapat meningkat menjadi extended abstract (level 4). Serta siswa dengan level berpikir aljabar relational (level 3) dapat meningkat menjadi extended abstract (level 4).