Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam Pendekatan Problem Solving Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Ruang Lingkup Biologi Kelas X Sma Santa Maria Tanjungpinang

Main Author: wati, merni
Format: Article NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Subjects:
Online Access: http://repository.umrah.ac.id/736/1/Artikel%20E-Journal%20Merni%20Wati.pdf
http://repository.umrah.ac.id/736/
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang pengaruhmodel pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam Pendekatan Problem Solvingpada sub materi ruang lingkup biologi terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Santa Maria Tanjungpinang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian post-test only control group design. Data hasil angketsiswa diperoleh dari nilai analisis angket.Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Santa Maria Tanjungpinang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam Pendekatan Problem Solvingmemiliki pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa.Hal ini juga menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam Pendekatan Problem Solvinglebih efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap materi yang dipelajari sehingga motivasi belajar siswa menjadi lebih baik, dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.Model pembelajaran Sains Think Pair Share (TPS) dalam Pendekatan Problem Solving dapat menjadi alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci :Model Pembelajaran, Pendekatan, Ruang lingkup biologi, Motivasi belajar, Think Pair Share (TPS), Problem Solving.