MEMFASILITASI PENALARAN GEOMETRI TRANSFORMASI SISWA MELALUI EKSPLORASI MOTIF MELAYU DENGAN BANTUAN GRID

Main Authors: Febrian, Febrian, Perdana, Sukma Adi
Format: Article NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Maritim Raja Ali Haji , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.umrah.ac.id/59/1/Artikel%208%20Febrian.pdf
http://repository.umrah.ac.id/59/
http://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/index
Daftar Isi:
  • Geometri transformasi merupakan pengetahuan yang krusial dalam geometri yang dapat membangun banyak kemampuan lainnya seperti penalaran matematis. Oleh karena itu, geometri transformasi disarankan untuk diberikan pada pebelajar mulai dari usia dini. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa anak-anak memiliki ‘sense’ untuk melihat karakteristik kedinamisan pada benda, oleh karena itu memfasilitasi pembelajaran yang dapat memanfaatkan sense ini menjadi sangat penting untuk membangun pemahaman geometri transformasi. Penelitian design research ini bertujuan untuk memfasilitasi siswa sekolah dasar untuk dapat mengembangkan pengetahuan awal mereka mengenai komposisi transformasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Toapaya, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah PMRI dengan konteks motif melayu itik pulang petang dengan bantuan grid. Hasil menunjukkan bahwa setting pembelajaran dapat memfasilitasi penalaran geometri transformasi melalui kegiatan eksplorasi motif dengan bantuan grid. Kata Kunci: komposisi transformasi, penalaran, motif melayu, grid, PMRI