Pengaruh Konsep Pembelajaran Literasi Sains Terhadap Keaktifan Siswa Kelas XI Materi Larutan Penyangga SMA Negeri 3 Tanjungpinang

Main Author: Rima, dini
Format: Article NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.umrah.ac.id/493/1/Jurnal.docx
http://repository.umrah.ac.id/493/
Daftar Isi:
  • Rimadini Purnamasari, NIM 130384204516. Pengaruh Konsep Pembelajaran Literasi Sains terhadap Keaktifan Siswa Kelas XI Materi Larutan Penyangga SMA Negeri 3 Tanjungpinang. Skripsi, Tanjungpinang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji. Kata Kunci: Literasi Sains, Keaktifan, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak terdapatnya konsep pembelajaran literasi sains terhadap keaktifan siswa kelas XI materi larutan penyangga SMA Negeri 3 Tanjungpinang. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan Posttest-Only Control Design, dengan melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Tanjungpinang yang berjumlah 64 siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat pengaruh kedua variabel adalah analisis regresi. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai koefesien determinasi (r2 atau R Square) sebesar 0,223 yang berarti bahwa 22,3% keaktifan siswa dipengaruhi oleh konsep pembelajaran literasi sains. Hasil t hitung sebesar 2.934, jatuh di daerah penolakan Ho ditolak artinya variabel hasil belajar mempengaruhi variabel keaktifan siswa. Kesimpulannya terdapat pengaruh pembelajaran berbasis literasi sains terhadap keaktifan siswa.