Pengembangan Tes Diagnostik Two-Tier Multiple-Choice berbasis Kemaritiman untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa pada Topik Atom dan Tabel Periodik
Main Author: | tatik, arlilin |
---|---|
Format: | Article NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.umrah.ac.id/483/1/Jurnal%20Tatik.docx http://repository.umrah.ac.id/483/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian yaitu mengembangkan suatu tes diagnostik two-tier multiple-choice berbasis kemaritiman untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada topik atom dan tabel periodik. Jenis penelitian adalah penelitian Pengembagan dengan tahapan (1) Tahap Mendefinisi Topik kimia (2) Tahap mengidentifikasi konsep Siswa, (3) Tahap pengembangan dan validasi. Teknik anlisis data mengunakan metode uji validitas dan reliabilitas. Hasil uji validitas ahli terhadap 20 butir soal yang dilakukan validator diperoleh 17 butir soal tes diagnostik two-tier multiple-choice berbasis kemaritiman valid dengan nilai 0,99 dan 3 soal tidak valid. Hasil uji reliabilitas sebesar 0,65. Metode pada penelitian ini mengunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tanjungpinang, yang berjumlah 19 orang. Hasil penelitian ditemukan miskonsepsi pada subkonsep struktur atom sebesar 22,2%, subkonsep model atom sebesar 22,2% subkonsep ukuran atom dan massa atom sebesar 26,37%, subkonsep sifat fisis unsur sebesar 26,4%, subkonsep golongan dan periode sebesar 33,3%, konsep persepsi tentang atom sebesar 61,1%, subkonsep penyusun atom sebesar 38,9% dan subkonsep isotop, isobar dan isoton sebesar 61,15%.