Analisis Soal Ujian Akhir Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Kelas X dan XI Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 3 Tanjungpinang

Main Author: Oktavianti, Fani Sonia
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Maritim Raja Ali Haji , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.umrah.ac.id/264/1/E%20Journal%20Fani%20Sonia%20Oktavianti.pdf
http://repository.umrah.ac.id/264/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketepatan soal ujian akhir semester genap kelas X dan XI di SMA Negeri 3 Tanjungpinang dari segi empirik, yaitu validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan efektivitas pengecoh, untuk mengetahui kesesuaian soal dengan dimensi kognitif Taksonomi Bloom Revisi, dan keseuaian soal dengan dimensi pengetahuan Taksonomi Bloom Revisi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan objek penelitian adalah soal Ujian Akhir Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 Kelas X dan XI Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 3 Tanjungpinang. Analisis soal berdasarkan segi empirik menggunakan bantuan program Anates V4. Sedangkan analisis data berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi dilakukan secara manual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal Ujian Akhir Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 kelas X dan XI dilihat dari segi empirik tergolong kedalam soal yang berkualitas baik namun perlu peningkatan sehingga soal akan menjadi lebih tepat dalam mengukur apa yang akan diukur. Sedangkan hasil analisis soal berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi dimensi kognitif pada kelas X masih perlu peningkatan karena masih didominasi oleh C2 saja. Pada kelas XI, soal sudah sangat baik karena sudah bervariasi sampai tingkatan C5 dan didominasi oleh tingkatan C4. Berdasarkan dimensi pengetahuan didominasi keduanya masih didominasi oleh dimensi pengetahuan faktual dan konseptual.