Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) pada Pokok Bahasan Asam dan Basa Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Main Authors: | Quratul, Aina, Fitriah, Khoirunnisa, Friska, Septiani Silitonga |
---|---|
Format: | Article NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.umrah.ac.id/263/1/ARTIKEL%20SKRIPSI%20QURATUL%20AINA.docx http://repository.umrah.ac.id/263/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran predict observe explain terhadap hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan asam dan basa di SMA Negeri 6 Tanjungpinang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 6 Tanjungpinang. Sampel pada penelitian ini adalah kela XI IPS 2 dan XI IPS 3 yang dipilih menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen perlakuan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan angket serta instrumen pengukuran berupa soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang diterapkan model predict observe explain lebih tinggi dari peserta didik yang diterapkan model konvensional. Hasil analisis data pada penelitian ini diperoleh dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji-t yang diperoleh untuk hasil belajar peserta didik yaitu thitung= 3,769 > ttabel=2,086. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran predict observe explain pada pokok bahasan asam dan basa di SMA Negeri 6 Tanjungpinang Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci: Model Predict Observe Explain, Asam dan Basa, Hasil Belajar