PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Main Authors: | Silvia, Wulandari P, Fitriah, Khoirunnisa, Friska, Septiani Silitonga |
---|---|
Format: | Article NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.umrah.ac.id/244/1/SILVIA%20WULANDARI%20P_E-JOURNAL_FKIP_PENDIDIKANKIMIA_UMRAH.docx http://repository.umrah.ac.id/244/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Experiential Learning terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan kesetimbangan kimia. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Posttest Only Control Group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel yang digunakan dalam peneltian ini adalah kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3 yang dipilih dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Angket sebagai instrumen pengukuran dan soal posttest yang diberikan pada kelas kontrol dan eksperimen sebagai instrumen tes. Hasil analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05 untuk uji dua arah. Dari hasil analisis data dalam penelitian ini diperoleh thitung=3,609>ttabel=2,032. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada hasil belajar yang menggunakan model Experiential Learning pada materi kesetimbangan kimia di SMA Negeri 1 Tanjungpinang Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci: Model Experiential Learning, Kesetimbangan Kimia, Hasil Belajar