Komunitas Online Tnjvidgram (Tanjungpinang Video Instagram)

Main Author: okky, arprianda
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Subjects:
Online Access: http://repository.umrah.ac.id/227/1/JURNAL.docx
http://repository.umrah.ac.id/227/
Daftar Isi:
  • Pada zaman modern seperti sekarang berkembangnya teknologi komunikasi seperti internet telah melahirkan era cyber sosiety (masyarakat dunia maya). Smarthphone dan media sosial merupakan produk dari perkembangan teknologi komunikasi, semua kalangan baik anak-anak sampai orang dewasa menggunakannya, smarthphone dengan cepat menjadi sebuah trend ditengah masyarakat membuat orang berlomba-lomba untuk memilikinya bahkan ingin yang lebih canggih dan mahal dari orang lain. Masyarakat khususnya remaja sekarang banyak menghabiskan waktunya didepan Smarthphone, mereka membutuhkan media sosial Instagram, Line, BBM, Twitter, Facebook baik untuk membutuhkan informasi dan juga sebagai tempat mereka mengeksposkan dirinya, mereka membutuhkan pengakuan akan dirinya terhadap orang lain, banyak figur terkanal dan artis yang menggunakan media sosial menjadikannya sebuah gaya hidup baru dimasyarakat. Dalam penelitian ini pembahasan akan berfokus pada media sosial Instagram. Banyaknya komunitas online yang berdiri diatas nama Instagram, dalam penelitian ini peneliti akan membahas komunitas hobby TNJVIDGRAM dengan melihat dari sudut pandang motivasi anggota dalam bergabung kedalam komunitas tersebut yang akan dikaitkan dengan teori Motivasi dan status sosial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitaif dengan jenis penelitian deskriptif dan pengambilan sample informan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak 7 orang yang merupakan anggota komunitas Tanjungpinang Video Instagram (TNJVIDGRAM) dan teknik analisis data yang digunakan adalah versi milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Dari hasil wawancara ditemukan bahwa motivasi individu bergabung kedalam komunitas TNJVIDGRAM sangat beragam. Motivasi individu untuk bergabung kedalam komunitas di pengaruhi oleh kebutuhan dan tujuan masing-masing. Beberapa motivasi yang mempengaruhi individu untuk bergabung kedalam komunitas TNJVIDGRAM yaitu faktor motivasi individu, yang pertama motivasinya adalah ekonomi, kedua adalah motivasi jaringan sosial, yang ketiga motivasi Popularitas. Kata Kunci: Gaya Hidup, Komunitas Online, Teknologi, Media Sosial