Implementasi Algoritma Decision Tree C4.5 Untuk Mendeteksi Tingkat Keberhasilan Siswa Melalui Kualifikasi Hasil Belajar (Studi Kasus: SMK Negeri 1 Tanjungpinang)

Main Author: sitorus, Cristine isabela
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.umrah.ac.id/131/1/jurnal%20publikasi%20bella.doc
http://repository.umrah.ac.id/131/
Daftar Isi:
  • Berhasil atau tidaknya siswa dalam proses studi dilihat dari nilai akhir capaian hasil belajarnya. Hasil ini terukur dalam bentuk angka, atau huruf (nilai). Dari nilai capaian hasil belajar dari seluruh siswa dapat ditemukan pola belajar siswa yang berkaitan dengan tingkat keberhasilan studi, apakah cenderung berprestasi atau malah sebaliknya. Pada penelitian ini, penentuan untuk keputusan terhadap keberhasilan siswa dibuat berdasarkan nilai capaian hasil studi enam mata pelajaran yang tetap muncul tiap semester yaitu Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Bahasa Inggris serta Matematika. Dalam penelitian ini partisi data latih yang diterapkan yaitu, 95%, 90%, 80%, 75%,70%, 60% dan 50% dimana partisi dengan tingkat ke akuratan tertinggi adalah pada partisi 95% sebesar 87,88% dengan prediction error 12,12%. Berdasarkan tingkatan nilai diagnose ROC, keakuratan sistem ini masuk ke dalam kategori good classification. Hal ini menunjukkan bahwa sistem tingkat keberhasilan siswa dengan menggunakan metode Algoritma C4.5 cocok digunakan untuk menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam studinya.