ANALISA PENENTUAN JURUSAN PADA SMA. KARTIKA VIII-1 MENGGUNAKAN METODE FUZZY INFERENCE SYSTEM MAMDANI
Main Author: | Hertyana, Hylenarti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LPPM Nusa Mandiri
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/jitk/article/view/699 http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/jitk/article/view/699/409 http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/jitk/article/downloadSuppFile/699/77 http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/jitk/article/downloadSuppFile/699/78 |
Daftar Isi:
- Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian model eksperimen. Penelitian eksperimen ini mengenai sistem penunjang keputusan untuk penentuan jurusan SMA. Kartika VIII-1 dengan pendekatan Fuzzy Inference System metode Mamdani secara konvensional dan membandingkan dengan hasil Fuzzy Inference System metode Mamdani dengan menggunakan Toolbox Matlab R2011b dengan hasil metode Centroid dan Bisektor. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer diperoleh penulis dari SMA. Kartika VIII-1 melalui observasi langsung pada Sekolah dan wawancara secara langsung dengan murid SMA kelas X, Kepala Sekolah dan bagian terkait lainnya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi SPK (Sistem Pendukung Keputusan) penjurusan pada siswa Sekolah Menengah Atas(SMA). Berdasarkan hasil observasi dan wawancara tersebut diperoleh 3 variabel input diantaranya Peminatan(PM) yang diambil dari nilai tes peminatan siswa, Psikotest(PS) dari nilai tes psikologi siswa dan nilai Rata-rata Rapor yang diambil dari nilai Rata-rata Rapor mata pelajaran jurusan MIA(Matematika, Biologi, Kimia, Fisika) dan jurusan IIS(Ekonomi, Sejarah, Geografi, Sosiologi). Sedangkan data sekunder diperoleh melalui tulisan ilmiah dan studi literatur. Hasil perbandingan menunjukkan bahwa Fuzzy Inference System(FIS) Mamdani secara konvensional dan yang diaplikasikan menggunakan Toolbox Matlab R2011b dengan metode Centroid dan Bisektor pada SPK yang dikembangkan dinyatakan memenuhi tujuan yang diharapkan dan hasil penjurusan siswa bisa lebih cepat dan akurat sehingga informasi yang dihasilkan dapat digunakan sebagai pendukung keputusan.