ANALISIS PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN ANATOMI OTAK MANUSIA (PENGUJIAN: WHITEBOX, MATRIX GRAPHICS, BLACKBOX, DAN METODE TABULASI SEDERHANA) (Studi kasus: Madrasah Tsanawiyah Negeri 25 Jakarta Timur)
Main Author: | ., Akmaludin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
PPPM STMIK Nusa Mandiri
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/techno/article/view/51 http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/techno/article/view/51/48 |
Daftar Isi:
- Teknologi multimedia saat ini sudah berkembang pesat, salah satu bidang yang mendapatkan dampak yang cukup berarti dalam perkembangan teknologi ini adalah bidang pendidikan. Dalam proses belajar mengajar di MTs N 25 masih mengunakan one way transfer knowledge system yaitu dengan menempatkan siswa sebagai objek dan pengajar sebagai subjek. Hal ini membuat siswa cenderung pasif dan kurang menunjukkan tingkat kreatifitas dalam proses pemindahan pengetahuan dari materi yang diberikan oleh pihak pengajar kepada siswa didik. Proses kegiatan belajar mengajar satu arah menggambarkan siswa didik hanya mendengarkan saja, sehingga tidak jarang menimbulkan rasa jenuh didalam kelas. Suasana belajar seperti ini akan membuat siswa sulit untuk memahami dan menerima materi yang diberikan oleh pihak pengajar. Dengan demikian metode pembelajaran dengan konsep penggunaan teknologi multimedia interaktif dapat menjawab permasalahan tersebut, karena pembelajaran multimedia dengan animasi interaktif dapat menunjang proses pembelajaran dengan menciptakan suasana yang menyenangkan dalam proses belajar, sehingga siswa mudah untuk memahami dan menerima materi yang diberikan. Rancangan animasi interaktif pembelajaran anatomi otak berbasis multimedia dibuat dengan menggunakan macromedia flash 8, sedangkan analisis yang digunakan adalah dengan whitebox testing, region, matrix graphics, blackbox testing, dan analisis kuisioner dengan model matematis melalui metode tabulasi sederhana.