Kemampuan Berpikir Reflektif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif
Main Author: | Suhaji, Ihfan Purnama |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Islam Madura
, 2020
|
Online Access: |
http://journal.uim.ac.id/index.php/zeta/article/view/935 http://journal.uim.ac.id/index.php/zeta/article/view/935/619 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKemampuan berpikir reflektif adalah kesanggupan berpikir siswa menghubungkan pengetahuan sebelumnya untuk memperoleh permasalahan baru dalam menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian untuk deskripsi kemampuan berpikir reflektif dalam memecahkan masalah matematika dengan setiap siswa memiliki kemampuan dan cara berbeda-beda dalam gaya kognitif yaitu field independent dan field dependent. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dilaksanakan di kelas XI. Penelitian ini menggunakan triangulasi teknik yaitu siswa menyelesaikan soal TMM dengan think aloud dan introspection untuk dibandingkan dengan hasil wawancara setelah siswa mengerjakan soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek bergaya jenis field independent memiliki kemampuan berpikir reflektif yang memenuhi fase setiap indikator adalah reacting (berpikir untuk aksi), comparing (berpikir untuk evaluasi) dan contemplating (berpikir untuk inkuiri kritis) sedangkan subjek jenis field dependent tidak mengalami kamampuan berpikir reflektif. Temuan lain dari hasil penelitian kemampuan berpikir reflektif ada perbedaan gaya kognitif (subjek field independent) kedua memiliki daya ingat memahami dengan menghubungkan pengetahuan sebelumnya untuk menemukan permasalahan baru dari pada (subjek field dependent) pertama.