ANALISIS JUMLAH PELAYAN OPTIMAL UNTUK MEMINIMISASI BIAYA
Main Authors: | Hernawati, Tri, Harahap, Bonar, Afriyanti, Rini |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Islam Sumatera Utara
, 2018
|
Online Access: |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/796 https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/796/693 |
ctrlnum |
--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-796 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">ANALISIS JUMLAH PELAYAN OPTIMAL UNTUK MEMINIMISASI BIAYA</title><creator>Hernawati, Tri</creator><creator>Harahap, Bonar</creator><creator>Afriyanti, Rini</creator><description lang="en-US">Minimalisasi biaya merupakan  strategi yag dilakukkan individu atau badan usaha untuk meningkatkan keuntungan . Salah satu upaya  minimalisasi biaya adalah dengan meminimalisasi aktivitas yang menimbulkan biaya .Tulisan ini membahas tentang pemecahan masalah  yang dihadapi Bank X . Selama ini Bank tersebut memiliki jumlah petugas untuk melayani nasabah sebanyak 3 petugas. Dari pengamatan  selama ini dengan tiga orang petugas  , setiap harinya sering terjadi ada petugas yang menganggur , sehingga dilakukan penelitian berapa sebenarnya jumlah petugas yang optimal. Optimal diartikan bila seluruh pelanggan yang datang semuanya dilayani dengan waktu mengantri yang dapat ditoleransi. Toleransi waktu mengantri yang diharapkan tidak lebih dari 10 (sepuluh) menit Oleh karena itu perlu dilakukan  perhitungan yang tepat agar tidak terjadi kerugian . Berdsarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa jumlah petugas  yang optimal hanya sebanyak 2. Hasil analisis  menunjukkan bahwa dengan 3 petugas  akan sangat merugikan perusahaan karena juga harus mengeluarkan biaya penyedian fasilitas   yang tidak optimal pemakaiannya, dimana persentase petugas  mengganggur lebih besar. Jadi dengan 2 petugas  sudah cukup untuk melayani nasabah pada perusahaan sedangkan satu  petugas lagi sebaiknya dimutasikan  untuk mengerjakan tugas lain . Biaya yang dapat dihemat dengan menggunakan 2 petugas dari jumlah sebelumnya sebanyak  tiga petugas adalah sebesar 27,83%. </description><publisher lang="en-US">Universitas Islam Sumatera Utara</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-09-14</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>Other:</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/796</identifier><source lang="en-US">Buletin Utama Teknik; Vol 14, No 1 (2018): Edisi September; 17-20</source><source>2598-3814</source><source>1410-4520</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/796/693</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2018 Buletin Utama Teknik</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-796</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other Other: Journal:eJournal |
author |
Hernawati, Tri Harahap, Bonar Afriyanti, Rini |
title |
ANALISIS JUMLAH PELAYAN OPTIMAL UNTUK MEMINIMISASI BIAYA |
publisher |
Universitas Islam Sumatera Utara |
publishDate |
2018 |
url |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/796 https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/796/693 |
contents |
Minimalisasi biaya merupakan strategi yag dilakukkan individu atau badan usaha untuk meningkatkan keuntungan . Salah satu upaya minimalisasi biaya adalah dengan meminimalisasi aktivitas yang menimbulkan biaya .Tulisan ini membahas tentang pemecahan masalah yang dihadapi Bank X . Selama ini Bank tersebut memiliki jumlah petugas untuk melayani nasabah sebanyak 3 petugas. Dari pengamatan selama ini dengan tiga orang petugas , setiap harinya sering terjadi ada petugas yang menganggur , sehingga dilakukan penelitian berapa sebenarnya jumlah petugas yang optimal. Optimal diartikan bila seluruh pelanggan yang datang semuanya dilayani dengan waktu mengantri yang dapat ditoleransi. Toleransi waktu mengantri yang diharapkan tidak lebih dari 10 (sepuluh) menit Oleh karena itu perlu dilakukan perhitungan yang tepat agar tidak terjadi kerugian . Berdsarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa jumlah petugas yang optimal hanya sebanyak 2. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan 3 petugas akan sangat merugikan perusahaan karena juga harus mengeluarkan biaya penyedian fasilitas yang tidak optimal pemakaiannya, dimana persentase petugas mengganggur lebih besar. Jadi dengan 2 petugas sudah cukup untuk melayani nasabah pada perusahaan sedangkan satu petugas lagi sebaiknya dimutasikan untuk mengerjakan tugas lain . Biaya yang dapat dihemat dengan menggunakan 2 petugas dari jumlah sebelumnya sebanyak tiga petugas adalah sebesar 27,83%. |
id |
IOS5112.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-796 |
institution |
Universitas Islam Sumatera Utara |
institution_id |
1254 |
institution_type |
library:university library |
library |
Universitas Islam Sumatera Utara |
library_id |
1095 |
collection |
Buletin Utama Teknik |
repository_id |
5112 |
subject_area |
Electronics/Teknik Elektronika Teknik Industri, Mesin Teknik Informatika Civil Engineering/Teknik Sipil |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS5112 |
first_indexed |
2019-05-08T07:01:39Z |
last_indexed |
2019-05-08T07:01:39Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686309612841598976 |
score |
17.538404 |