ANALISIS JUMLAH PELAYAN OPTIMAL UNTUK MEMINIMISASI BIAYA

Main Authors: Hernawati, Tri, Harahap, Bonar, Afriyanti, Rini
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Sumatera Utara , 2018
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/796
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/796/693
ctrlnum --jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-796
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">ANALISIS JUMLAH PELAYAN OPTIMAL UNTUK MEMINIMISASI BIAYA</title><creator>Hernawati, Tri</creator><creator>Harahap, Bonar</creator><creator>Afriyanti, Rini</creator><description lang="en-US">Minimalisasi biaya merupakan&#xA0; strategi yag dilakukkan individu atau badan usaha untuk meningkatkan keuntungan . Salah satu upaya&#xA0; minimalisasi biaya adalah dengan meminimalisasi aktivitas yang menimbulkan biaya .Tulisan ini membahas tentang pemecahan masalah&#xA0; yang dihadapi Bank X . Selama ini Bank tersebut memiliki jumlah petugas untuk melayani nasabah sebanyak 3 petugas. Dari pengamatan&#xA0; selama ini dengan tiga orang petugas&#xA0; , setiap harinya sering terjadi ada petugas yang menganggur , sehingga dilakukan penelitian berapa sebenarnya jumlah petugas yang optimal. Optimal diartikan bila seluruh pelanggan yang datang semuanya dilayani dengan waktu mengantri yang dapat ditoleransi. Toleransi waktu mengantri yang diharapkan tidak lebih dari 10 (sepuluh) menit Oleh karena itu perlu dilakukan&#xA0; perhitungan yang tepat agar tidak terjadi kerugian . Berdsarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa jumlah petugas&#xA0; yang optimal hanya sebanyak 2. Hasil analisis&#xA0; menunjukkan bahwa dengan 3 petugas&#xA0; akan sangat merugikan perusahaan karena juga harus mengeluarkan biaya penyedian fasilitas&#xA0;&#xA0; yang tidak optimal pemakaiannya, dimana persentase petugas&#xA0; mengganggur lebih besar. Jadi dengan 2 petugas&#xA0; sudah cukup untuk melayani nasabah pada perusahaan sedangkan satu&#xA0; petugas lagi sebaiknya dimutasikan&#xA0; untuk mengerjakan tugas lain . Biaya yang dapat dihemat dengan menggunakan 2 petugas dari jumlah sebelumnya sebanyak&#xA0; tiga petugas adalah sebesar 27,83%.&#xA0;</description><publisher lang="en-US">Universitas Islam Sumatera Utara</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2018-09-14</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>Other:</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/796</identifier><source lang="en-US">Buletin Utama Teknik; Vol 14, No 1 (2018): Edisi September; 17-20</source><source>2598-3814</source><source>1410-4520</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/796/693</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2018 Buletin Utama Teknik</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-796</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Other:
Journal:eJournal
author Hernawati, Tri
Harahap, Bonar
Afriyanti, Rini
title ANALISIS JUMLAH PELAYAN OPTIMAL UNTUK MEMINIMISASI BIAYA
publisher Universitas Islam Sumatera Utara
publishDate 2018
url https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/796
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/796/693
contents Minimalisasi biaya merupakan strategi yag dilakukkan individu atau badan usaha untuk meningkatkan keuntungan . Salah satu upaya minimalisasi biaya adalah dengan meminimalisasi aktivitas yang menimbulkan biaya .Tulisan ini membahas tentang pemecahan masalah yang dihadapi Bank X . Selama ini Bank tersebut memiliki jumlah petugas untuk melayani nasabah sebanyak 3 petugas. Dari pengamatan selama ini dengan tiga orang petugas , setiap harinya sering terjadi ada petugas yang menganggur , sehingga dilakukan penelitian berapa sebenarnya jumlah petugas yang optimal. Optimal diartikan bila seluruh pelanggan yang datang semuanya dilayani dengan waktu mengantri yang dapat ditoleransi. Toleransi waktu mengantri yang diharapkan tidak lebih dari 10 (sepuluh) menit Oleh karena itu perlu dilakukan perhitungan yang tepat agar tidak terjadi kerugian . Berdsarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa jumlah petugas yang optimal hanya sebanyak 2. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan 3 petugas akan sangat merugikan perusahaan karena juga harus mengeluarkan biaya penyedian fasilitas yang tidak optimal pemakaiannya, dimana persentase petugas mengganggur lebih besar. Jadi dengan 2 petugas sudah cukup untuk melayani nasabah pada perusahaan sedangkan satu petugas lagi sebaiknya dimutasikan untuk mengerjakan tugas lain . Biaya yang dapat dihemat dengan menggunakan 2 petugas dari jumlah sebelumnya sebanyak tiga petugas adalah sebesar 27,83%.
id IOS5112.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-796
institution Universitas Islam Sumatera Utara
institution_id 1254
institution_type library:university
library
library Universitas Islam Sumatera Utara
library_id 1095
collection Buletin Utama Teknik
repository_id 5112
subject_area Electronics/Teknik Elektronika
Teknik Industri, Mesin
Teknik Informatika
Civil Engineering/Teknik Sipil
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS5112
first_indexed 2019-05-08T07:01:39Z
last_indexed 2019-05-08T07:01:39Z
recordtype dc
_version_ 1686309612841598976
score 17.538404