ANALISA KINERJA SIMPANG JALAN RAJAWALI JALAN MERAK JALAN RAJAWALI JALAN KASUARI DIKELURAHAN SEI SIKAMBING B. KECAMATAN MEDAN SUNGGAL KOTA MEDAN

Main Authors: Basalamah, Abdullah, Lukman, Anisah, Batubara, Hamidun, Tanjung, Darlina
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Sumatera Utara , 2020
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/2327
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/2327/1567
ctrlnum --jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2327
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">ANALISA KINERJA SIMPANG JALAN RAJAWALI JALAN MERAK JALAN RAJAWALI JALAN KASUARI DIKELURAHAN SEI SIKAMBING B. KECAMATAN MEDAN SUNGGAL KOTA MEDAN</title><creator>Basalamah, Abdullah</creator><creator>Lukman, Anisah</creator><creator>Batubara, Hamidun</creator><creator>Tanjung, Darlina</creator><description lang="en-US">Persimpangan adalah bagian dari ruas jalan dimana arus dari berbagai arah atau jurusan bertemu. Itulah sebabnya di persimpangan terjadi konflik antara arus dari jurusan yang berlawanan dan saling memotong, sehingga mengakibatkan terjadinya kemacetan di sepanjang lengan simpang. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian pada simpang dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, terutama yang berkaitan dengan kondisi operasional simpang. Pengambilan data lalu lintas dilakukan dengan mencatat jumlah kendaraan yang melewati simpang tiap 15 menit selama 2 jam. Dari hasil pengumpulan data diperoleh data primer berupa arus lalu lintas pada jam puncak, geometrik ruas jalan dan persimpangan, kecepatan sesaat, dan hambatan samping. Data sekunder berupa data jumlah penduduk. Analisis dilakukan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Berdasarkan perhitungan kinerja simpang untuk kondisi simpang tak bersinyal pada keadaan eksisting, didapat waktu sibuk pada simpang empat tak bersinyal diambil pada hari dan jam puncak yaitu pada hari senin 16 juli 2018 jam 16.00 &#x2013; 18.00. Hasil perhitungan didapat jumlah arus total 3230 smp/jam, nilai kapasitas (C) = 3059 smp/jam dan derajat kejenuhan (DS) = 1,06, Meningkatnya volume kendaraan pada tahun ke 5 dan 10, Tingginya derajat kejenuhan pada kondisi eksisting maupun mendatang, Menurunnya kapasitas pada tahun ke 5 dan 10. Untuk meningkatkan kondisi operasional dari simpang dapat dilakukan beberapa alternative penanganan yaitu pelebaran jalan, membuat jalur belok langsung dan pemasangan lampu lalu lintas pada setiap jaringan jalan di persimpangan tersebut.</description><publisher lang="en-US">Universitas Islam Sumatera Utara</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2020-01-11</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/2327</identifier><source lang="en-US">Buletin Utama Teknik; Vol 15, No 2 (2020): Edisi Januari; 196-201</source><source>2598-3814</source><source>1410-4520</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/2327/1567</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 Buletin Utama Teknik</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2327</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Basalamah, Abdullah
Lukman, Anisah
Batubara, Hamidun
Tanjung, Darlina
title ANALISA KINERJA SIMPANG JALAN RAJAWALI JALAN MERAK JALAN RAJAWALI JALAN KASUARI DIKELURAHAN SEI SIKAMBING B. KECAMATAN MEDAN SUNGGAL KOTA MEDAN
publisher Universitas Islam Sumatera Utara
publishDate 2020
url https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/2327
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/2327/1567
contents Persimpangan adalah bagian dari ruas jalan dimana arus dari berbagai arah atau jurusan bertemu. Itulah sebabnya di persimpangan terjadi konflik antara arus dari jurusan yang berlawanan dan saling memotong, sehingga mengakibatkan terjadinya kemacetan di sepanjang lengan simpang. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian pada simpang dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, terutama yang berkaitan dengan kondisi operasional simpang. Pengambilan data lalu lintas dilakukan dengan mencatat jumlah kendaraan yang melewati simpang tiap 15 menit selama 2 jam. Dari hasil pengumpulan data diperoleh data primer berupa arus lalu lintas pada jam puncak, geometrik ruas jalan dan persimpangan, kecepatan sesaat, dan hambatan samping. Data sekunder berupa data jumlah penduduk. Analisis dilakukan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Berdasarkan perhitungan kinerja simpang untuk kondisi simpang tak bersinyal pada keadaan eksisting, didapat waktu sibuk pada simpang empat tak bersinyal diambil pada hari dan jam puncak yaitu pada hari senin 16 juli 2018 jam 16.00 – 18.00. Hasil perhitungan didapat jumlah arus total 3230 smp/jam, nilai kapasitas (C) = 3059 smp/jam dan derajat kejenuhan (DS) = 1,06, Meningkatnya volume kendaraan pada tahun ke 5 dan 10, Tingginya derajat kejenuhan pada kondisi eksisting maupun mendatang, Menurunnya kapasitas pada tahun ke 5 dan 10. Untuk meningkatkan kondisi operasional dari simpang dapat dilakukan beberapa alternative penanganan yaitu pelebaran jalan, membuat jalur belok langsung dan pemasangan lampu lalu lintas pada setiap jaringan jalan di persimpangan tersebut.
id IOS5112.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2327
institution Universitas Islam Sumatera Utara
institution_id 1254
institution_type library:university
library
library Universitas Islam Sumatera Utara
library_id 1095
collection Buletin Utama Teknik
repository_id 5112
subject_area Electronics/Teknik Elektronika
Teknik Industri, Mesin
Teknik Informatika
Civil Engineering/Teknik Sipil
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS5112
first_indexed 2020-03-02T08:07:13Z
last_indexed 2020-03-02T08:07:13Z
recordtype dc
_version_ 1686309613037682688
score 17.538404