PENERAPAN MANAGEMEN LALU LINTAS PADA JARINGAN JALAN DI KOTA KISARAN KABUPATEN ASAHAN
Main Authors: | Arisandi, Fri Adek, Lubis, Marwan, Hasibuan, M. Husni Malik |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Islam Sumatera Utara
, 2020
|
Online Access: |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/2318 https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/2318/1558 |
ctrlnum |
--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2318 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PENERAPAN MANAGEMEN LALU LINTAS PADA JARINGAN JALAN DI KOTA KISARAN KABUPATEN ASAHAN</title><creator>Arisandi, Fri Adek</creator><creator>Lubis, Marwan</creator><creator>Hasibuan, M. Husni Malik</creator><description lang="en-US">Lalu lintas pada jaringan jalan di Kota Kisaran Kabupaten Asahan menjadi gejala yang perlu diperhatikan dan ditangani secara bijak dan tepat melalui berbagai penanganan terutama penanganan jangka pendek dalam bentuk penanganan seketika (action plant) pada lokasi yang terjadi yang terdapat banyaknya simpang bersinyal dengan jarak pendekatan, salah satu bentuk penanganan yang dilakukan adalah dengan cara mengkoordinasikan beberapa persimpangan yang ada di lokasi studi serta meningkatkan kinerja pada jaringan jalan menuju pusat Kota Kisaran. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penataan terkait sektor transportasi di beberapa titik utama ruas jalan agar tetap terciptanya kelancaran lalu lintas. Metode pengambilan data yang dilakukan adalah dengan melakukan survei geometrik jalan, lalu lintas harian kendaraan, perilaku pengguna jalan dan parkir pada kawasan kota Kisaran. Data yang diperoleh digunakan untuk mendapatkan kondisi eksisting terjenuh yang akan menjadi acuan dalam merencanakan waktu siklus baru dengan memperhatikan teori koordinasi simpang. Hasil kajian yang diteliti bahwa penerapan managemen lalu lintas dapat memberikan dampak postif berupa tetap terciptanya kelancaran arus lalu lintas dan kenyamanan bagi pengguna jalan. Kajian yang diteliti terdapat 7 (tujuh) penggal jalan dengan tingkat pelayanan A, 15 (lima belas) B dan 2 (dua) penggal jalan memiliki tingkat pelayanan C. Analisis kinerja ruas mengacu pada MKJI 1997, parameter yang digunakan dalam menentukan pertumbuhan lalu lintas di Kota Kisaran.</description><publisher lang="en-US">Universitas Islam Sumatera Utara</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2020-01-14</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/2318</identifier><source lang="en-US">Buletin Utama Teknik; Vol 15, No 2 (2020): Edisi Januari; 134-141</source><source>2598-3814</source><source>1410-4520</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/2318/1558</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 Buletin Utama Teknik</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2318</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:eJournal |
author |
Arisandi, Fri Adek Lubis, Marwan Hasibuan, M. Husni Malik |
title |
PENERAPAN MANAGEMEN LALU LINTAS PADA JARINGAN JALAN DI KOTA KISARAN KABUPATEN ASAHAN |
publisher |
Universitas Islam Sumatera Utara |
publishDate |
2020 |
url |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/2318 https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/2318/1558 |
contents |
Lalu lintas pada jaringan jalan di Kota Kisaran Kabupaten Asahan menjadi gejala yang perlu diperhatikan dan ditangani secara bijak dan tepat melalui berbagai penanganan terutama penanganan jangka pendek dalam bentuk penanganan seketika (action plant) pada lokasi yang terjadi yang terdapat banyaknya simpang bersinyal dengan jarak pendekatan, salah satu bentuk penanganan yang dilakukan adalah dengan cara mengkoordinasikan beberapa persimpangan yang ada di lokasi studi serta meningkatkan kinerja pada jaringan jalan menuju pusat Kota Kisaran. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penataan terkait sektor transportasi di beberapa titik utama ruas jalan agar tetap terciptanya kelancaran lalu lintas. Metode pengambilan data yang dilakukan adalah dengan melakukan survei geometrik jalan, lalu lintas harian kendaraan, perilaku pengguna jalan dan parkir pada kawasan kota Kisaran. Data yang diperoleh digunakan untuk mendapatkan kondisi eksisting terjenuh yang akan menjadi acuan dalam merencanakan waktu siklus baru dengan memperhatikan teori koordinasi simpang. Hasil kajian yang diteliti bahwa penerapan managemen lalu lintas dapat memberikan dampak postif berupa tetap terciptanya kelancaran arus lalu lintas dan kenyamanan bagi pengguna jalan. Kajian yang diteliti terdapat 7 (tujuh) penggal jalan dengan tingkat pelayanan A, 15 (lima belas) B dan 2 (dua) penggal jalan memiliki tingkat pelayanan C. Analisis kinerja ruas mengacu pada MKJI 1997, parameter yang digunakan dalam menentukan pertumbuhan lalu lintas di Kota Kisaran. |
id |
IOS5112.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2318 |
institution |
Universitas Islam Sumatera Utara |
institution_id |
1254 |
institution_type |
library:university library |
library |
Universitas Islam Sumatera Utara |
library_id |
1095 |
collection |
Buletin Utama Teknik |
repository_id |
5112 |
subject_area |
Electronics/Teknik Elektronika Teknik Industri, Mesin Teknik Informatika Civil Engineering/Teknik Sipil |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS5112 |
first_indexed |
2020-03-02T08:07:13Z |
last_indexed |
2020-03-02T08:07:13Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686309613055508480 |
score |
17.538404 |