EVALUASI KINERJA PERSIMPANGAN AKIBAT ADANYA FLY OVER JAMIN GINTING TERHADAP PERGERAKAN ARUS LALU LINTAS

Main Authors: Lubis, Marwan, Samosir, Alexander, Mahda, Nuril
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Sumatera Utara , 2020
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/2312
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/2312/1552
ctrlnum --jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2312
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">EVALUASI KINERJA PERSIMPANGAN AKIBAT ADANYA FLY OVER JAMIN GINTING TERHADAP PERGERAKAN ARUS LALU LINTAS</title><creator>Lubis, Marwan</creator><creator>Samosir, Alexander</creator><creator>Mahda, Nuril</creator><description lang="en-US">Tingkat pertumbuhan kendaraan yang semakin meningkat di kota Medan akan menimbulkan kemacetan yang sering terjadi pada jam-jam tertentu, terutama disuatu persimpangan, sehingga banyak dari pengguna jalan yang mengeluhkan hal tersebut. Dengan adanya Fly Over diharapkan mampu menjadi solusi masalah kemacetan yang ada. Fly Over adalah perlengkapan jalan beban hambatan untuk mengatasi permasalahan karena konflik dipersimpangan dan menghindari daerah/kawasan yang selalu menghadapi permasalahan kemacetan lalu lintas. Kinerja pada persimpangan Fly Over jalan Jamin Ginting telah mencapai kondisi yang buruk sebagai akibat pertumbuhan arus lalu lintas yang semakin meningkat. Berdasarkan hasil data lapangan didapat nilai derajat kejenuhan (DS) = 1,34 &gt; 0,75, kondisi tersebut menyebabkan tundaan rata-rata persimpangan sebesar 305,42 detik dan tingkat pelayananya F (buruk sekali). Penanganan simpang dilakukan dengan merubah waktu hilang (LTI) dan waktu hijau (g) sesuai dengan standar nilai normal waktu antar hijau di MKJI dimaksudkan agar dapat mempersingkat waktu siklus (c). Dari hasil simulasi dengan waktu siklus (c) = 114 detik, waktu hijau (&#x3A3;g) = 90 detik, serta waktu hilang 24 detik, didapat nilai Ds = 0.76 dan tundaan sebesar 24,73 detik serta tingkat pelayanannya C (sedang). Dengan hasil perhitungan simulasi tersebut, maka kepadatan lalu lintasnya mulai berkurang dan pengendara cukup aman dalam berlalu-lintas serta menambah kenyamanan untuk pengguna jalan karena waktu siklus yang lebih pendek.</description><publisher lang="en-US">Universitas Islam Sumatera Utara</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2020-01-29</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/2312</identifier><source lang="en-US">Buletin Utama Teknik; Vol 15, No 2 (2020): Edisi Januari; 96-100</source><source>2598-3814</source><source>1410-4520</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/2312/1552</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 Buletin Utama Teknik</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2312</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Lubis, Marwan
Samosir, Alexander
Mahda, Nuril
title EVALUASI KINERJA PERSIMPANGAN AKIBAT ADANYA FLY OVER JAMIN GINTING TERHADAP PERGERAKAN ARUS LALU LINTAS
publisher Universitas Islam Sumatera Utara
publishDate 2020
url https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/2312
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/2312/1552
contents Tingkat pertumbuhan kendaraan yang semakin meningkat di kota Medan akan menimbulkan kemacetan yang sering terjadi pada jam-jam tertentu, terutama disuatu persimpangan, sehingga banyak dari pengguna jalan yang mengeluhkan hal tersebut. Dengan adanya Fly Over diharapkan mampu menjadi solusi masalah kemacetan yang ada. Fly Over adalah perlengkapan jalan beban hambatan untuk mengatasi permasalahan karena konflik dipersimpangan dan menghindari daerah/kawasan yang selalu menghadapi permasalahan kemacetan lalu lintas. Kinerja pada persimpangan Fly Over jalan Jamin Ginting telah mencapai kondisi yang buruk sebagai akibat pertumbuhan arus lalu lintas yang semakin meningkat. Berdasarkan hasil data lapangan didapat nilai derajat kejenuhan (DS) = 1,34 > 0,75, kondisi tersebut menyebabkan tundaan rata-rata persimpangan sebesar 305,42 detik dan tingkat pelayananya F (buruk sekali). Penanganan simpang dilakukan dengan merubah waktu hilang (LTI) dan waktu hijau (g) sesuai dengan standar nilai normal waktu antar hijau di MKJI dimaksudkan agar dapat mempersingkat waktu siklus (c). Dari hasil simulasi dengan waktu siklus (c) = 114 detik, waktu hijau (Σg) = 90 detik, serta waktu hilang 24 detik, didapat nilai Ds = 0.76 dan tundaan sebesar 24,73 detik serta tingkat pelayanannya C (sedang). Dengan hasil perhitungan simulasi tersebut, maka kepadatan lalu lintasnya mulai berkurang dan pengendara cukup aman dalam berlalu-lintas serta menambah kenyamanan untuk pengguna jalan karena waktu siklus yang lebih pendek.
id IOS5112.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2312
institution Universitas Islam Sumatera Utara
institution_id 1254
institution_type library:university
library
library Universitas Islam Sumatera Utara
library_id 1095
collection Buletin Utama Teknik
repository_id 5112
subject_area Electronics/Teknik Elektronika
Teknik Industri, Mesin
Teknik Informatika
Civil Engineering/Teknik Sipil
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS5112
first_indexed 2020-03-02T08:07:13Z
last_indexed 2020-03-02T08:07:13Z
recordtype dc
_version_ 1686309613047119872
score 17.538404