KAJIAN KINERJA RUAS JALAN HARMONIKA BARU KECAMATAN MEDAN SELAYANG KOTA MEDAN
Main Authors: | Manik, Dahari, Lubis, Marwan, Batubara, Hamidun |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Islam Sumatera Utara
, 2019
|
Online Access: |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/1091 https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/1091/847 |
ctrlnum |
--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1091 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">KAJIAN KINERJA RUAS JALAN HARMONIKA BARU KECAMATAN MEDAN SELAYANG KOTA MEDAN</title><creator>Manik, Dahari</creator><creator>Lubis, Marwan</creator><creator>Batubara, Hamidun</creator><description lang="en-US">Dengan meningkatnya jumlah kendaraan di kota Medan sehingga pergerakan arus lalu lintas juga akan semakin meningkat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari yang menyebabkan tingginya pergerakan arus lalu lintas dan berkurangnya kemampuan menampung kendaraan yang melintas pada ruas jalan yang kemudian dapat menimbulkan kemacetan di ruas jalan tersebut. Untuk dapat mengetahui dan mengindentifikasi hal-hal yang mempengaruhi tingkat pelayanan ruas jalan, apakah layak dipertahankan pada karakteristik geometrik dan perilaku lalu lintas ruas jalan yang ada sekarang ini, diperlukan sebuah analisa kinerja dan untuk itu harus dicari penyebab permasalahan yang ada sehingga dapat diketahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab berkurangnya tingkat pelayanan pada ruas jalan saat ini. Untuk menentukan tingkat pelayanan ruas jalan metode yang digunakan adalah Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Februari 1997. Dengan melakukan perhitungan secara manual yaitu dengan menghitung jumlah lalu lintas kendaraan pada ruas jalan pada periode waktu. Data yang digunakan adalah data jam puncak, yang telah dikalikan dengan satuan mobil penumpang (smp) untuk menentukan kapasitas jalan dan didukung data-data geometrik jalan yang disurvei. Data hasil perhitungan yang didapat kinerja ruas jalan berdasarkan kecepatan perjalanan rata-rata, nilai volume dan kapasitas ruas jalan Harmonika Baru kota Medan yaitu kondisi arus lalu lintas stabil, kecepatan operasi mulai dibatasi oleh kendaraan lainnya dan mulai dirasakan hambatan oleh kendaraan di sekitarnya.</description><publisher lang="en-US">Universitas Islam Sumatera Utara</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2019-01-02</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/1091</identifier><source lang="en-US">Buletin Utama Teknik; Vol 14, No 2 (2019): Edisi Januari; 92-98</source><source>2598-3814</source><source>1410-4520</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/1091/847</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2019 Buletin Utama Teknik</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1091</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:eJournal |
author |
Manik, Dahari Lubis, Marwan Batubara, Hamidun |
title |
KAJIAN KINERJA RUAS JALAN HARMONIKA BARU KECAMATAN MEDAN SELAYANG KOTA MEDAN |
publisher |
Universitas Islam Sumatera Utara |
publishDate |
2019 |
url |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/1091 https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/1091/847 |
contents |
Dengan meningkatnya jumlah kendaraan di kota Medan sehingga pergerakan arus lalu lintas juga akan semakin meningkat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari yang menyebabkan tingginya pergerakan arus lalu lintas dan berkurangnya kemampuan menampung kendaraan yang melintas pada ruas jalan yang kemudian dapat menimbulkan kemacetan di ruas jalan tersebut. Untuk dapat mengetahui dan mengindentifikasi hal-hal yang mempengaruhi tingkat pelayanan ruas jalan, apakah layak dipertahankan pada karakteristik geometrik dan perilaku lalu lintas ruas jalan yang ada sekarang ini, diperlukan sebuah analisa kinerja dan untuk itu harus dicari penyebab permasalahan yang ada sehingga dapat diketahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab berkurangnya tingkat pelayanan pada ruas jalan saat ini. Untuk menentukan tingkat pelayanan ruas jalan metode yang digunakan adalah Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Februari 1997. Dengan melakukan perhitungan secara manual yaitu dengan menghitung jumlah lalu lintas kendaraan pada ruas jalan pada periode waktu. Data yang digunakan adalah data jam puncak, yang telah dikalikan dengan satuan mobil penumpang (smp) untuk menentukan kapasitas jalan dan didukung data-data geometrik jalan yang disurvei. Data hasil perhitungan yang didapat kinerja ruas jalan berdasarkan kecepatan perjalanan rata-rata, nilai volume dan kapasitas ruas jalan Harmonika Baru kota Medan yaitu kondisi arus lalu lintas stabil, kecepatan operasi mulai dibatasi oleh kendaraan lainnya dan mulai dirasakan hambatan oleh kendaraan di sekitarnya. |
id |
IOS5112.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1091 |
institution |
Universitas Islam Sumatera Utara |
institution_id |
1254 |
institution_type |
library:university library |
library |
Universitas Islam Sumatera Utara |
library_id |
1095 |
collection |
Buletin Utama Teknik |
repository_id |
5112 |
subject_area |
Electronics/Teknik Elektronika Teknik Industri, Mesin Teknik Informatika Civil Engineering/Teknik Sipil |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS5112 |
first_indexed |
2019-05-08T07:01:39Z |
last_indexed |
2019-05-08T07:01:39Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686309612836356096 |
score |
17.538404 |