KAJIAN KINERJA RUAS JALAN HARMONIKA BARU KECAMATAN MEDAN SELAYANG KOTA MEDAN

Main Authors: Manik, Dahari, Lubis, Marwan, Batubara, Hamidun
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Sumatera Utara , 2019
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/1091
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/1091/847
ctrlnum --jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1091
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">KAJIAN KINERJA RUAS JALAN HARMONIKA BARU KECAMATAN MEDAN SELAYANG KOTA MEDAN</title><creator>Manik, Dahari</creator><creator>Lubis, Marwan</creator><creator>Batubara, Hamidun</creator><description lang="en-US">Dengan meningkatnya jumlah kendaraan di kota Medan sehingga pergerakan arus lalu lintas juga akan semakin meningkat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari yang menyebabkan tingginya pergerakan arus lalu lintas dan berkurangnya kemampuan menampung kendaraan yang melintas pada ruas jalan yang kemudian dapat menimbulkan kemacetan di ruas jalan tersebut. Untuk dapat mengetahui dan mengindentifikasi hal-hal yang mempengaruhi tingkat pelayanan ruas jalan, apakah layak dipertahankan pada karakteristik geometrik dan perilaku lalu lintas ruas jalan yang ada sekarang ini, diperlukan sebuah analisa kinerja dan untuk itu harus dicari penyebab permasalahan yang ada sehingga dapat diketahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab berkurangnya tingkat pelayanan pada ruas jalan saat ini. Untuk menentukan tingkat pelayanan ruas jalan metode yang digunakan adalah Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Februari 1997. Dengan melakukan perhitungan secara manual yaitu dengan menghitung jumlah lalu lintas kendaraan pada ruas jalan pada periode waktu. Data yang digunakan adalah data jam puncak, yang telah dikalikan dengan satuan mobil penumpang (smp) untuk menentukan kapasitas jalan dan didukung data-data geometrik jalan yang disurvei. Data hasil perhitungan yang didapat kinerja ruas jalan berdasarkan kecepatan perjalanan rata-rata, nilai volume dan kapasitas ruas jalan Harmonika Baru kota Medan yaitu kondisi arus lalu lintas stabil, kecepatan operasi mulai dibatasi oleh kendaraan lainnya dan mulai dirasakan hambatan oleh kendaraan di sekitarnya.</description><publisher lang="en-US">Universitas Islam Sumatera Utara</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2019-01-02</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/1091</identifier><source lang="en-US">Buletin Utama Teknik; Vol 14, No 2 (2019): Edisi Januari; 92-98</source><source>2598-3814</source><source>1410-4520</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/1091/847</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2019 Buletin Utama Teknik</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1091</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Manik, Dahari
Lubis, Marwan
Batubara, Hamidun
title KAJIAN KINERJA RUAS JALAN HARMONIKA BARU KECAMATAN MEDAN SELAYANG KOTA MEDAN
publisher Universitas Islam Sumatera Utara
publishDate 2019
url https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/1091
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/1091/847
contents Dengan meningkatnya jumlah kendaraan di kota Medan sehingga pergerakan arus lalu lintas juga akan semakin meningkat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari yang menyebabkan tingginya pergerakan arus lalu lintas dan berkurangnya kemampuan menampung kendaraan yang melintas pada ruas jalan yang kemudian dapat menimbulkan kemacetan di ruas jalan tersebut. Untuk dapat mengetahui dan mengindentifikasi hal-hal yang mempengaruhi tingkat pelayanan ruas jalan, apakah layak dipertahankan pada karakteristik geometrik dan perilaku lalu lintas ruas jalan yang ada sekarang ini, diperlukan sebuah analisa kinerja dan untuk itu harus dicari penyebab permasalahan yang ada sehingga dapat diketahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab berkurangnya tingkat pelayanan pada ruas jalan saat ini. Untuk menentukan tingkat pelayanan ruas jalan metode yang digunakan adalah Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Februari 1997. Dengan melakukan perhitungan secara manual yaitu dengan menghitung jumlah lalu lintas kendaraan pada ruas jalan pada periode waktu. Data yang digunakan adalah data jam puncak, yang telah dikalikan dengan satuan mobil penumpang (smp) untuk menentukan kapasitas jalan dan didukung data-data geometrik jalan yang disurvei. Data hasil perhitungan yang didapat kinerja ruas jalan berdasarkan kecepatan perjalanan rata-rata, nilai volume dan kapasitas ruas jalan Harmonika Baru kota Medan yaitu kondisi arus lalu lintas stabil, kecepatan operasi mulai dibatasi oleh kendaraan lainnya dan mulai dirasakan hambatan oleh kendaraan di sekitarnya.
id IOS5112.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1091
institution Universitas Islam Sumatera Utara
institution_id 1254
institution_type library:university
library
library Universitas Islam Sumatera Utara
library_id 1095
collection Buletin Utama Teknik
repository_id 5112
subject_area Electronics/Teknik Elektronika
Teknik Industri, Mesin
Teknik Informatika
Civil Engineering/Teknik Sipil
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS5112
first_indexed 2019-05-08T07:01:39Z
last_indexed 2019-05-08T07:01:39Z
recordtype dc
_version_ 1686309612836356096
score 17.538404